Dua Ilmuwan Kloning Peraih Nobel Kedokteran 2012

Written By Unknown on Rabu, 10 Oktober 2012 | 10.44

Rabu, 10 Oktober 2012 | 10:12 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Dua ilmuwan kloning dari dua benua, yakni Asia dan Eropa, memperoleh penghargaan Nobel Kedokteran 2012. Mereka adalah profesor di Universitas Cambridge, Inggris, John B. Gurdon, dan profesor di Universitas Kyoto, Jepang, Shinya Yamanaka.

Kedua ahli ini dinilai berhasil membuat terobosan baru dalam bidang penelitian sel punca. Mereka menemukan bahwa sel dewasa dapat diubah kembali menjadi sel punca seperti yang ditemukan pada janin.

"Penemuan Gurdon dan Yamanaka menunjukkan sel-sel yang sudah terspesialisasi bisa dikembalikan ke perkembangan awal dalam kondisi tertentu," kata juru bicara Majelis Nobel di Institut Karolinska saat mengumumkan nama mereka di Stockhlom, Swedia.

Ia menambahkan, "Temuan ini merevolusi pemahaman tentang perkembangan sel dan organisme."

Gurdon-lah yang mengawali penelitian soal kloning ini puluhan tahun silam. Pada 1962, dalam sebuah percobaan klasik, profesor Gurdon Institute di Universitas Cambridge ini mengambil inti sel yang belum dewasa dari sel telur katak dan menggantinya dengan inti sel dewasa dari sel usus berudu. Klon yang dihasilkannya ternyata berkembang menjadi berudu normal.

Inovasi Gurdon kemudian disempurnakan oleh Yamanaka. Profesor asal Osaka, Jepang, ini memilih pendekatan berbeda. Alih-alih mentransfer materi genetik ke dalam sel telur seperti yang dilakukan Gurdon, Yamanaka menyisipkan empat gen ke sel dewasa dari kulit mencit. Cara ini dapat mengubah sel kulit mencit menjadi sel punca yang kelak berkembang menjadi organ atau jaringan tubuh baru.

"Ini berita fantastis untuk penelitian sel punca," kata Profesor Anthony Hollander, kepala kedokteran seluler dan molekuler di University of Bristol, Selasa, 9 Oktober 2012. 

Terobosan Gurdon dan Yamanaka dinilai sangat penting bagi dunia kedokteran. Dengan pemrograman ulang sel, kedua ilmuwan menciptakan peluang baru untuk mempelajari efek dari suatu penyakit di laboratorium, sekaligus mengembangkan metode diagnosis dan terapi baru dengan cara mengganti organ atau jaringan tubuh yang rusak.

Atas keberhasilan ini, Gurdon dan Yamanaka berhak atas uang sebesar US$ 1,2 juta.

NOBELPRIZE | TELEGRAPH | BBC NEWS | MAHARDIKA SATRIA HADI | MUNAWWAROH

Berita Terkait
Peraih Nobel Sains Kunjungi Indonesia
Dua Pakar Kuantum Optik Raih Hadiah Nobel Fisika  
10 Alasan Mengapa Desktop PC Belum Punah
Supaya Google Map Tampilkan Jalanan 360 Derajat
Bikin Blog Antikorupsi Bisa Dapat Gadget Android
Steve Jobs Pernah Lobi Direktur Keuangan Twitter
Apple Diminta Lindungi Militer Taiwan


Anda sedang membaca artikel tentang

Dua Ilmuwan Kloning Peraih Nobel Kedokteran 2012

Dengan url

http://teknologiseo.blogspot.com/2012/10/dua-ilmuwan-kloning-peraih-nobel.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Dua Ilmuwan Kloning Peraih Nobel Kedokteran 2012

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Dua Ilmuwan Kloning Peraih Nobel Kedokteran 2012

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger