Kenapa Wajib Melihat Orionid?

Written By Unknown on Senin, 22 Oktober 2012 | 10.44

Minggu, 21 Oktober 2012 | 18:53 WIB

TEMPO.CO, Los Angeles - Hujan meteor Orionid tengah menghujam bumi sejak Sabtu hingga Ahad 21 Oktober 2012. Tapi hujan ini adalah bagian dari siklus tahunan hujan-hujan meteor yang menyambangi planet manusia. Lalu apa istimewanya Orionid ketimbang hujan meteor lainnya?

Berikut tanya jawab dengan Kepala Kantor Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) untuk urusan meteor, Bill Cooke, dengan Latimes.

Apa sebenarnya hujan meteor Orionid?
Orionid adalah meteor yang berasal dari serpihan yang berada di buntut Komet Halley. Setiap tahun pada pertengahan Oktober, sepihan ini akan mencapai tepian bumi dan menyentuh atmosfer. Akibatnya, ia akan terbakar dan terbentuklah hujan meteror. Serpihan ini bergerak sangat cepat hingga 238.813 km/jam

Apa perbedaan komet dan meteor?
Komet itu seperti bongkahan bola salju yang berjalan di angkasa. Nah, kalau meteor adalah potongan atau serpihan dari bola salju itu. Jadi, hujan meteor adalah kucuran serpihan bola saju yang sampai ke bumi

Apakah mungkin meteor menabrak bumi?
Orionid adalah meteor yang rapuh. Dia terbakar dalam jarak 96,5 kilometer dari bumi. Meteor ini tak memiliki pelindung. Jadi ketika dia jatuh ke bumi, serpihan benda langit ini seperti melakukan bunuh diri (kamikaze). Karena dia akan terbakar ketika menyentuh atmosfer.

Bagaimana cara terbaik untuk melihat hujan meteor?
Cara termudah adalah tengadah menatap langit. Gunakan mata Anda, tak perlu teleskop, karena meteor bisa terlihat dengan mata telanjang. Yang Anda butuhkan hanyalah langit yang gelap dan mata yang cerah.

Apa kelebihan Orionid?
Orionid adala salah satu meteor terbaik. Selain dia ada Perseid (Agustus) dan Geminids (Desember). Geminid menurut saya adalah yang terbaik karena bisa ada lebih dari 100 meteor dalam satu jam. Tapi, Orionid ini spesial, sebab dia adalah bagian dari Komet Halley yang muncul saban 75 tahun. Jadi, kalau mau menunggu Komet besar ini, setidaknya Anda harus hidup hingga 2061. Tapi, terakhir komet Halley lewat, dia tak terlalu menakjubkan. Jadi jangan berharap pula terlalu banyak untuk 2061. Maka saya sarankan untuk melihat fenomena langit yang ada di depan mata saja, hujan meteor Orionid.

DIANING SARI

Berita Terpopuler
Pad Mini ''Memakan'' iPad
Kaus Kaki Anti Bolong
Hujan Meteor Bersumber dari Ekor Komet Halley
Mendorong Siswa Jadi Astronom
Tak Bisa Lihat Meteor Orionid, Pantau Situs ini
Cara Menonton Hujan Meteor Orionid


Anda sedang membaca artikel tentang

Kenapa Wajib Melihat Orionid?

Dengan url

http://teknologiseo.blogspot.com/2012/10/kenapa-wajib-melihat-orionid.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Kenapa Wajib Melihat Orionid?

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Kenapa Wajib Melihat Orionid?

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger