Militer AS Ciptakan Robot Sepintar MacGyver

Written By Unknown on Selasa, 16 Oktober 2012 | 10.44

Seorang anak Taman Kanak-Kanak (TK) Sang Timur melihat replika robot Transformer yang terbuat dari onderdil bekas sepeda motor dan mobil di ECO Green Park Batu, Jawa Timur, 4-10, 2012. TEMPO/STR/Aris Novia Hidayat

Selasa, 16 Oktober 2012 | 08:02 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Angkatan Laut AS tengah mendanai proyek pembangunan robot cerdas ala MacGyver untuk membantu personil mereka dalam mengatasi berbagai situasi sulit. Untuk itu mereka menggandeng para penliti dari Institut Teknologi Georgia yang akan mengembangkan perangkat lunak otak robot.

"Tujuan kami adalah mengembangkan sebuah robot yang berperilaku seperti MacGyver," kata Mike Stilman, peneliti utama. MacGyver adalah sebuah karakter dalam serial televisi populer yang memiliki kemampuan mengatasi situasi sulit dengan memanfaatkan hal-hal yang ada di sekitarnya.

Robot ini akan dinamai Golem Krang dan memiliki kemampuan, misalnya, membantu pasukan yang terperangkap dan menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan rumit. Menurut Barbra Webb dari Universitas Edinburg, pekerjaan ini memang sulit. Dan jika berhasil robot akan dapat membantu personil tanpa membahayakan personil lain.

Saat bekerja, Robot akan mengumpulkan data dari lingkungan. Kamera dan sensor akan mengidentifikasi objek, sebelum mengambil tindakan. Misalnya jika Golem Krang tengah mencari cara keluar dari suatu daerah dan melihat ada puing-puing tergeletak, secara otomatis dia akan menyingkirkannya supaya bisa lewat.


DISCOVERY NEWS | BBC | DAILY MAIL | ISMI WAHID

Berita Lain:
Betul, Anda Bisa Mati karena Patah Hati
Kata Pengamat Soal Jokowi Turun ke Lapangan
Keliling Jakarta, Jokowi Wajib Kunjungi Lokasi Ini
Mahasiswa Tawuran, Rektor Terancam Sanksi
Wa Ode Nurhayati Divonis Hari Ini


Anda sedang membaca artikel tentang

Militer AS Ciptakan Robot Sepintar MacGyver

Dengan url

http://teknologiseo.blogspot.com/2012/10/militer-as-ciptakan-robot-sepintar.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Militer AS Ciptakan Robot Sepintar MacGyver

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Militer AS Ciptakan Robot Sepintar MacGyver

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger