Ternyata Einstein Senang Berjemur di Pantai  

Written By Unknown on Senin, 15 Oktober 2012 | 10.44

Senin, 15 Oktober 2012 | 08:18 WIB

TEMPO.CO, Berlin - Fisikawan kondang Albert Einstein tidak hanya tertarik pada teori kinetik molekuler, elektrodinamika benda bergerak, mekanika kuantum, dan inersia energi. Jenius Yahudi Jerman ini ternyata juga gemar naik sepeda, berlayar, memancing, berbaring di pantai, bermain biola, merokok dengan pipa, dan menyeruput teh.

Setidaknya, inilah yang muncul dari album foto pribadinya, yang baru-baru ini diunggah ke jagat maya sebagai bagian dari proyek digitalisasi besar Leo Baeck Institute.

Situs baru ini, yang sudah bisa diakses masyarakat umum, meski baru akan secara resmi diresmikan minggu depan, menawarkan akses ke sekitar 3,5 juta halaman yang mendokumentasikan kehidupan warga Yahudi di Eropa Tengah. Leo Baeck Institute, yang memiliki pusat di New York, adalah salah satu perusahaan terkemuka dalam penelitian dan dokumentasi kaum Yahudi berbahasa Jerman. Sejauh ini, tiga perempat dari koleksi arsipnya telah didigitalisasi dan tersedia untuk umum secara gratis.

Proyek ini diberi nama DigiBaeck (www.lbi.org/digibaeck) dan menawarkan gateway digital untuk koleksi lembaga ini. Selain jutaan halaman dokumen dalam bahasa Jerman, ada juga dokumen dalam lebih dari selusin bahasa lain, dan banyak potongan-potongan dalam koleksi, termasuk terjemahan bahasa Inggris.

Materi online ini mulai dari sejarah masyarakat dan keluarga, buku langka, dan karya seni, surat-surat pribadi, hingga foto-foto tokoh-tokoh seperti Einstein dan Moses Mendelssohn. Ada juga surat-surat, buku harian, dan pernak-pernik lainnya dari kehidupan sehari-hari lebih dari lima abad, dengan penekanan khusus pada Yahudi Jerman. Di samping dokumen dari sejumlah tokoh seperti Franz Kafka dan Sigmund Freud, ada juga makalah dari warga biasa.

"Arsip berfokus pada sejarah sehari-hari dan keluarga, bukan hanya orang-orang terkenal yang diidentifikasi sebagai Yahudi Jerman, tetapi juga orang-orang biasa dari semua kelas," kata Dr Anja Siegemund, direktur Leo Baeck Institute di Yerusalem.

HAARETZ | TRIP B

Berita Terpopuler
Miyabi, Dokter Gadungan di 13 Rumah Sakit
37 Tahun Wanita Ini Berusaha Pulangkan Jasad Suami
Norodom Sihanouk Meninggal Jelang Ultah ke-90
Turki Larang Semua Penerbangan Suriah


Anda sedang membaca artikel tentang

Ternyata Einstein Senang Berjemur di Pantai  

Dengan url

http://teknologiseo.blogspot.com/2012/10/ternyata-einstein-senang-berjemur-di.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ternyata Einstein Senang Berjemur di Pantai  

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ternyata Einstein Senang Berjemur di Pantai  

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger