Bagaimana Wikipedia Memprediksi Film Box Office?  

Written By Unknown on Minggu, 11 November 2012 | 10.44

Minggu, 11 November 2012 | 07:15 WIB

TEMPO.CO, Budapest - Sebuah penelitian mengklaim laman Wikipedia ternyata bisa digunakan untuk memprediksi film yang akan masuk dalam Box Office sebulan sebelum film itu rilis. Taha Yasseri, fisikawan dari Universitas Teknologi dan Ekonomi, Budapest, menciptakan model matematika yang memperhitungkan data akun, seperti jumlah pembaca dan editor, untuk halaman Wikipedia.

Dalam temuannya, Yasseri melihat korelasi antara data akun ini dan pengambilalihan pada akhir pekan pembukaan film. Untuk film besar, seperti Iron Man 2, Alice in Wonderland, Toy Story 3 dan Inception, Wikipedia telah membuktikan bahwa prediksi ini akurat lebih dari 90 persen. Meskipun para peneliti mengakui bahwa tingkat keberhasilan mereka secara keseluruhan hanya 77 persen.

"Kami menunjukkan bahwa popularitas sebuah film bisa diprediksi dengan mengukur dan menganalisis tingkat aktivitas editor dan pemirsa yang mengentri di laman film Wikipedia," menurut tim peneliti.

Yasseri dan rekan-rekannya: Márton Mestyán and János Kertész, membangun sebuah model dengan menggunakan data 312 film dalam halaman Wikipedia dari total 535 film yang dirilis di Amerika Serikat pada 2010. Secara keseluruhan, menurut perhitungan, prediksi Box Office dengan realitas mempunyai akurasi hingga 77 persen. "Kami sedang mencari jejak dari popularitas film itu," ujar Yasseri.

Proses entri untuk Wikipedia film yang akan menjadi populer diyakini lebih berat diedit dan dikunjungi banyak pembaca. Yasseri menambahkan bahwa model tersebut dapat digunakan oleh studio film untuk membantu memprediksi potensi keberhasilan film mereka.

DAILYMAIL | ISMI WAHID

Berita lain:
Kulit Buaya Lebih Sensitif Ketimbang Kulit Manusia
Alasan Predator Ketagihan Memangsa Daging Manusia
Main Game Call of Duty Bisa Live di Youtube
Ikan Gobi Ternyata Bisa Jadi Pengawal Pribadi
Hue, Lampu Digital Ajaib


Anda sedang membaca artikel tentang

Bagaimana Wikipedia Memprediksi Film Box Office?  

Dengan url

http://teknologiseo.blogspot.com/2012/11/bagaimana-wikipedia-memprediksi-film.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Bagaimana Wikipedia Memprediksi Film Box Office?  

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Bagaimana Wikipedia Memprediksi Film Box Office?  

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger