Benarkah Sumber Air di Bumi dan Mars Sama?

Written By Unknown on Jumat, 23 November 2012 | 10.44

Gambar dari European Space Agency akan Planet Mars. Misi pertama ESA ke Planet Merah adalah Mars Express yang memuat tujuh alat untuk mengukur atmosfer planet, struktur serta geologinya, termasuk mencari bukti air-air yang tersembunyi. REUTERS/Ho/European Space Agency ESA. yahoo.com

Jum''at, 23 November 2012 | 07:50 WIB

TEMPO.CO, Houston - Penelitian menunjukkan air yang berada di bumi dan Mars berasal dari sumber yang sama, yaitu meteorit yang mendarat di kedua planet ini.

Lautan di bumi dan air yang mungkin pernah mengalir di planet Mars berasal dari sumber yang serupa. Penelitian menunjukkan bahwa sumber itu adalah meteorit yang mendarat di kedua planet terestrial ini.

Para peneliti menganalisa tampilan dua batu langka Mars yang menabrak bumi sebagai meteorit. Mereka menemukan air Mars mungkin berasal dari blok planet yang mirip dengan yang membentuk bumi. Kedua planet ini mungkin terbentuk secara paralel, tapi kemudian mengambil jalur evolusi yang berbeda.

Temuan ini bertentangan dengan ide umum bahwa keberadaan air di planet terestrial seperti Bumi dan Mars berasal dari komet. Sebaliknya, para ilmuwan berpikir bahwa air tersebut berasal dari meteorit chondritic kecil dan berisi mineral granular yang terintegrasi dengan planet yang dituju.

"Meteorit ini mengandung cairan basaltik yang terperangkap. Tidak berbeda dengan basal yang meletus di Hawai," kata John Jones, seorang petrologis eksperimental di NASA Johnson Space Center di Houston. Jones telah menulis laporan yang diterbitkan dsalam jurnal Earth and Planetary Science Letters bersama Tomohiro Usui yang memimpin penelitian ini.

Menurut penelitian, dua meteorit Mars yang telah dipelajari menunjukkan dua sumber yang berbeda dari air kuno di planet merah itu. Satu batu luar angkasa berasal dari lapisan tengah Mars yang disebut dengan mantel. Diyakini meteorit ini menimbulkan jejak air dari interior terdalam planet. Dan jumlah yang sama dari jenis hidrogen ternyata juga ditemukan di bumi. Sementara meteorit yang lainnya diperkaya dengan bahan dari kerak dan atmosfer Mars.

Meteorit dari mantel Mars ternyata kering. Sementara, meteorit yang diperkaya tersebut diyakini memiliki kandungan air 10 kali lebih banyak. Ini menunjukkan bahwa permukaan Mars pernah mengalami keadaan yang sangat basah pada satu waktu.

"Ada teori yang bersaing menjelaskan komposisi meteorit Mars yang beragam," kata Usui. Menurutnya, sampai penelitian ini belum ada bukti langsung bahwa lava primitif Mars berisi material dari permukaan planet merah ini.

LIVE SCIENCE | ISMI WAHID

Terpopuler:
BBM Lelet? Cobalah Aplikasi Gold Messenger 
Cina Akan Bangun Gedung Tertinggi dalam Tiga Bulan
Kiamat Suku Maya Dimanfaatkan Biro Wisata
iPad Mini, Tablet Mumpuni nan Ringan
Tubuh Reptil Ternyata Mengecil di Daerah Dingin 
Will.i.am Bakal Ubah Smartphone Jadi Genius Phone
Nge-twit, Blogger Cina Diancam 5 Tahun Penjara  


Anda sedang membaca artikel tentang

Benarkah Sumber Air di Bumi dan Mars Sama?

Dengan url

http://teknologiseo.blogspot.com/2012/11/benarkah-sumber-air-di-bumi-dan-mars.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Benarkah Sumber Air di Bumi dan Mars Sama?

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Benarkah Sumber Air di Bumi dan Mars Sama?

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger