Ikan Badut Doyan Gosip

Written By Unknown on Jumat, 09 November 2012 | 10.44

Jum''at, 09 November 2012 | 10:11 WIB

TEMPO.CO, Wallonia - Ikan badut atau clown fish ternyata doyan gosip.  Tentu saja bukan seperti Nemo yang gemesin di film besutan Disney, Finding Nemo.  Tim peneliti di Universitas Liege, Belgia, menemukan ikan dengan nama latin Amphiprioninae ini bisa membuat suara yang berbeda satu sama lain, baik dalam frekuensi maupun durasi.

"Ini adalah cara mereka memperkuat individualitas," kata Orphal Colleye, penulis utama penelitian juga kandidat doktor di universitas tersebut, seperti dikutip situs Live Science hari ini.   Laporan mereka dipublikasikan dalam jurnal PLoS ONE pada 7 November lalu.

Ikan badut memiliki kehidupan rumah yang tak biasa. Mereka berkelompok -sampai enam ekor- di anemon laut.  Ikan terbesar di kelompok ini adalah betina, jantan jadi sekondannya.  Sisanya tanpa kelamin.  Ikan badut termasuk mahluk yang fleksibel untuk urusan perkawinan.  Mereka dapat menumbuhkan alat kelamin sesuai kebutuhan saat memasuki musim kawin.

Nah, peneliti mendapati ikan badut kerap keluar dari sarang mereka, lalu kembali ke kelompoknya untuk berbagi hal yang mereka lihat di luar.  "Ini jadi cara memperkuat status sosial mereka," kata Colleye.

Para peneliti menemukan bahwa ikan badut yang lebih besar mendominasi lingkaran sosial dengan bergerak lebih agresif seperti mengejar maupun membuat suara letupan.  Masing-masing ikan badut dapat mengeluarkan dua suara, yang kira-kira mirip "Pop" untuk ikan kecil dan "Klik" untuk ikan besar.

Profesor Rodney Rountree, ahli akustik ikan mempertanyakan temuan itu.  Menurutnya, ikan tidak membuat suara kecuali mereka memiliki kebutuhan khusus. Pasalnya, produksi suara berpotensi mengundang predator.

Colleye menjawab, suara tidak membahayakan ikan badut karena mereka hidup bersimbiosis dengan anemon laut.  Binatang -banyak yang mengiranya bagian dari karang lunak atau tumbuhan- yang termasuk ordo Actiniaria ini memiliki tentakel yang menyengat.  Ikan badut adalah satu-satunya mahluk laut yang tidak terpengaruh sengatan tersebut.

LIVE SCIENCE | ISMI WAHID

Terpopuler:
Galaxy S III Kembali Pecundangi iPhone 4S 
Google Rayakan Ulang Tahun Penulis Drakula 
Mengintip Penampilan TV Berbandrol Rp 200 Juta
Mengapa NASA Getol Memburu Gas Metana di Mars?
Trump Meracau di Twitter Lagi


Anda sedang membaca artikel tentang

Ikan Badut Doyan Gosip

Dengan url

http://teknologiseo.blogspot.com/2012/11/ikan-badut-doyan-gosip.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ikan Badut Doyan Gosip

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ikan Badut Doyan Gosip

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger