Jepang Kembangkan Cetak Janin 3 Dimensi

Written By Unknown on Kamis, 29 November 2012 | 10.44

Kamis, 29 November 2012 | 05:34 WIB

TEMPO.CO , Tokyo: Banyak pasangan ingin mendokumentasikan janin mereka di setiap umur perkembangannya. Gambar dua dimensi hitam putih hasil rekam USG yang terkadang tak terlihat jelas pun mereka simpan baik-baik. Namun, sebuah klinik di Jepang kini menawarkan dokumentasi janin menggunakan cetak 3-dimensi.

Fasotec, sebuah perusahaan engineering dan klinik Parkside Hiroo Ladies, menawarkan layanan ini sejak Juli lalu. Cara kerjanya mirip USG, tetapi dalam kasus ini mereka menggunakan pemindai MRI. Pasalnya, sinar X bisa berbahaya bagi janin yang sedang berkembang.

Selanjutnya, mereka menggunakan teknologi yang disebut permodelan Bio-tekstur yang mengubah data MRI itu menjadi gambar 3-D. Kemudian sebuah printer 3-D membangun citra tiga dimensi ini menggunakan dua resin berbeda yang menghasilkan warna yang berbeda.

Hasilnya adalah bentuk janin yang seolah-olah berada dalam rahim ibu. Janin ini berwarna krem sedangkan perut dan rahim ibu berwarna bening. Seperti sebuah cendera mata. Bahkan umur janin yang masih muda-pun dapat dijadikan bandul kalung.

Resolusi gambarnya tidak sempurna, tetapi klinik mengklaim banyak ibu hamil puas dengan layanan itu. Layanan unik ini berbiaya USD $1200, tidak termasuk biaya MRI.

Teknologi ini hanya sekadar memberi kenang-kenangan kepada para ibu yang sedang menunggu kelahiran janinnya. Fasotec mengatakan printer itu juga dapat mencetak model organ yang digunakan untuk latihan dokter. Bahkan, gagasan mencetak janin adalah salah satu strategi perusahaan untuk mempublikasikan layanan pencitraan organ yang dilakukannya.

DISCOVERY NEWS | ISMI WAHID

Berita lain:
Misteri Otak Saat Koma Mulai Terkuak
Nenek Moyang Kopi Indonesia Nyaris Punah
Efek Bulan Purnama Cuma Mitos
Intel Beri Penghargaan Untuk Enam Guru Indonesia
Ericsson Gugat Samsung Soal Pelanggaran Hak Paten 


Anda sedang membaca artikel tentang

Jepang Kembangkan Cetak Janin 3 Dimensi

Dengan url

http://teknologiseo.blogspot.com/2012/11/jepang-kembangkan-cetak-janin-3-dimensi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Jepang Kembangkan Cetak Janin 3 Dimensi

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Jepang Kembangkan Cetak Janin 3 Dimensi

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger