Market Place, Si Pengganti FJB Kaskus

Written By Unknown on Senin, 26 November 2012 | 10.44

Minggu, 25 November 2012 | 19:54 WIB

TEMPO.CO, Jakarta-Para pembeli dan penjual online tentu sudah akrab dengan namanya Forum Jual Beli Kaskus. Tempat jual beli yang paling ramai di dunia maya ini, tahun depan akan bebenah. "Nanti FJB akan menjadi tempat jual beli jasa saja," ujar Ken Dean Lawadinata, Chief Executive Officer Kaskus, ketika ditemui Sabtu, 24 November 2012.

Selama ini kaskuser mengenal FJB sebagai tempat mencari barang apapun. Mulai dari barang bekas hingga barang yang harus indent masuk di Indonesia. Dari sambal Bu Rudy sampai iPhone 5. Seiring perkembangan FJB yang dipakai aktif oleh sekitar 10 juta pengguna, Kaskus menilai perlu tempat yang lebih representatif.

Hadirlah Market Place, tempat jual beli dengan konsep yang mirip dengan FJB. "Cuman kami tambah beberapa fitur keamanan," kata Ken. Di Market Place, pembeli bisa melihat kredibilitas penjual dari rating yang diberikan usai barang di tangan konsumen. Bukan berdasarkan testimoni yang ditulis di lapak penjual. "Kadang testimoni itu bias juga, karena ada kompetitor yang tidak suka," Ken menuturkan.

Sehingga fitur rating dari pembeli diharapkan bisa membuat persaingan lebih adil. Lalu untuk menjamin konsumen, Kaskus pun akan mengenakan deposit seharga barang bagi penjual. Sebelum barang sampai, Kaskus berhak menahan bayaran pembeli. "Jadi kalau ada komplain kami bisa kembalikan,"kata Ken.

Jual beli di forum terbesar di Indonesia ini nilainya tak main-main. "Sekitar 60 juta US dollar sebulan dari FJB," kata Ken. Dengan pengguna sekitar 10 juta, itu berarti separuh dari pengguna kaskus yang mencapai 22 juta.

Kini, Kaskus ingin menjangkau lebih banyak lagi penggunanya. "Target kami adalah pebisnis dari luar kota besar," ujar Ken. Mudah sekali bergabung dengan Market Place, cukup membuat akun di kaskus. "Caranya sama saja dengan FJB dulu," kata Ken.

Lalu, FJB tentu tak dipetieskan begitu saja. Bagi pengguna yang ingin mencari aneka layanan jasa seperti reparasi atau kontruksi, bisa memilih kanal ini. "Dulu kan layanan ini masih abu-abu masuk di mana," kata Ken. Dengan adanya tambahan kanal baru, diharapkan terjadi peningkatan jumlah pengguna Kaskus. "Kami tiap tahun sih expectingnya dua kali lipat," kata dia.

DIANING SARI

Baca juga:
Kaskus Pesta Ulang Tahun Gan!
Wawancara Nukman Luthfie: Pudarnya Pamor Blog
Komunitas Blogger Anging Mammiri
Kompleksitas Data Ancam Perusahaan Indonesia
Kaskus Beta Diserbu Agan-agan Kaskuser
Bintang Porno Vicky Vette Join Kaskus


Anda sedang membaca artikel tentang

Market Place, Si Pengganti FJB Kaskus

Dengan url

http://teknologiseo.blogspot.com/2012/11/market-place-si-pengganti-fjb-kaskus.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Market Place, Si Pengganti FJB Kaskus

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Market Place, Si Pengganti FJB Kaskus

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger