Mengapa Orang Kembar Identik Tidak Identik

Written By Unknown on Senin, 12 November 2012 | 10.44

Dari kiri, Diego, Dolcie, Elisia and Armani Bageban. (Daily Mail)

Senin, 12 November 2012 | 05:25 WIB

TEMPO.CO, San Francisco–-Bayi kembar yang lahir dari satu sel telur disebut kembar identik karena umumnya memiliki wajah dan perawakan yang amat mirip satu sama lain. Namun orang kembar identik ternyata tidak benar-benar identik.

Kendati orang kembar identik semestinya saling berbagi seluruh DNA, riset terbaru menunjukkan bayi kembar memiliki ratusan perubahan genetik pada masa awal perkembangannya. Perubahan inilah yang dapat mengirim mereka ke jalur berbeda.         

Temuan ini, yang dipresentasikan pada pertemuan American Society of Human Genetics, mungkin dapat menjelaskan mengapa seseorang terkena kanker sementara saudara kembarnya tetap sehat. Riset ini juga menunjukkan bahwa perubahan genetik tersebut adalah sesuatu yang umum terjadi.

"Itu tak selangka dugaan semula," kata Rui Li, ahli epidemiologi di McGill University yang terlibat dalam riset itu.

Hingga saat ini, hanya sedikit penelitian yang berfokus pada mutasi somatik. Sebagian besar peneliti lebih banyak mencari perubahan genetik atau mutasi pada sperma dan sel telur—yang dapat diwariskan pada keturunan. Mutasi pada sel somatik (sel tubuh), yang juga disebut kesalahan penyalinan, dapat terjadi pada awal perkembangan janin. Namun karena perubahan tidak terjadi dalam sel kelamin (kromosom X atau Y) janin, mutasi ini tidak diwariskan.

Studi lain menunjukkan bahwa modifikasi kimia, atau efek epigenetik, dapat mengubah gen yang diekspresikan selama bertahun-tahun. Faktor inilah yang membuat orang kembar tidak sepenuhnya identik. Studi lain juga memperlihatkan bahwa orang kembar identik bisa mempunyai mutasi gen yang berbeda, meski tidak mempelajari seberapa sering hal itu terjadi.

Li dan timnya mempelajari genom 92 pasang kembar identik dan mencari perbedaan pasangan basa mereka dalam ratusan ribu lokasi pada genom. Hanya dua pasang orang kembar yang memiliki mutasi semacam itu, sehingga boleh dibilang perubahan DNA atau materi genetik terjadi sekali setiap 10 juta hingga 10 miliar basa yang disalin setiap kali sel membelah diri. Itu berarti rata-rata pasangan kembar membawa 359 perubahan genetik yang terjadi pada masa awal perkembangan janin.

LIVESCIENCE | TJANDRA

Baca juga:
Bau Babi Bikin Naik Darah
Alasan Predator Ketagihan Memangsa Daging Manusia
Main Game Call of Duty Bisa Live di YouTube
Bagaimana Wikipedia Memprediksi Film Box Office?
Ikan Gobi Ternyata Bisa Jadi Pengawal Pribadi


Anda sedang membaca artikel tentang

Mengapa Orang Kembar Identik Tidak Identik

Dengan url

http://teknologiseo.blogspot.com/2012/11/mengapa-orang-kembar-identik-tidak.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Mengapa Orang Kembar Identik Tidak Identik

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Mengapa Orang Kembar Identik Tidak Identik

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger