Penemu Barcode Meninggal  

Written By Unknown on Jumat, 14 Desember 2012 | 10.44

Jum''at, 14 Desember 2012 | 10:09 WIB

TEMPO.CO, New Jersey - Kini, hampir semua barang di supermarket memiliki barcode. Namun, tahukah Anda siapa penemu sebaris bilah tebal-tipis warna hitam yang biasanya terletak di bagian bawah label sebuah produk itu?

Adalah Norman Joseph Woodland, bersama Bernard Silver, yang pertama kali menemukannya. Salah satu dari mereka, Woodland, meninggal pada hari Minggu di Edgewater, New Jersey, karena komplikasi dan efek dari penyakit Alzheimer.

Woodland dan Bernard Silver masih menjadi mahasiswa di Drexel University, Philadelphia, ketika mereka mendengar seorang eksekutif toko kelontong meminta sebuah rekayasa agar informasi produk dapat ditangkap ketika melakukan checkout.

Namun saat itu ia belum tertarik mengembangkannya. Ia malah bergabung dengan Proyek Manhattan mengembangkan bom atom bagi militer Amerika Serikat.

Setelah mendapatkan gelar sarjana teknik mesin, Woodland memutuskan keluar dari sekolah pascasarjana untuk bekerja pada ide pembuatan barcode. Dia menghabiskan waktu di Miami untuk fokus pada pengembangan kode yang secara simbolis dapat menangkap perincian tentang item barang itu.

Woodland mengusulkan tinta yang sensitif terhadap sinar ultraviolet. Prototipe mereka ditolak karena tidak stabil dan mahal. Tangal 20 Oktober 1949, Woodland dan Silver berhasil membuat prototipe yang lebih baik. Akhirnya, pada tanggal 7 Oktober 1952, mereka mendapat hak paten dari hasil penelitian mereka. Tahun 1970 adalah pertama kalinya barcode dipakai secara komersial, ketika Logicon Inc membuat Universal Grocery Products Identification Standard (UGPIC).

Perusahaan pertama yang memproduksi perlengkapan barcode untuk perdagangan retail adalah Monach Marking. Pemakaian di dunia industri pertama kali oleh Plessey Telecommunications. Pada tahun 1972, toko Kroger di Cincinnati mulai menggunakannya secara luas dalam jaringan mereka. Selain itu, sebuah komite dibentuk untuk memilih kode standar yang akan digunakan dalam industri.

AP | TRIP B


Anda sedang membaca artikel tentang

Penemu Barcode Meninggal  

Dengan url

http://teknologiseo.blogspot.com/2012/12/penemu-barcode-meninggal.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Penemu Barcode Meninggal  

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Penemu Barcode Meninggal  

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger