Tanaman Berbunga Bisa Tumbuh di Gua

Written By Unknown on Senin, 31 Desember 2012 | 10.44

Senin, 31 Desember 2012 | 03:52 WIB

TEMPO.CO , Beijing - Hampir mustahil, tanaman berbunga warna-warni tumbuh subur di lantai gua yang sangat gelap. Namun para peneliti menemukan satu spesies baru tanaman berbunga kelopak merah muda di Cina selatan.

Ahli botani, Alex Monro dari Museum Sejarah Alam London mengatakan sempat berpikir temannya yang merupakan seorang peneliti Cina salah ucap saat mengatakan mereka menemukan tanaman berbunga di sebuah gua yang gelap.

"Namun ketika kami melangkah ke dalam Gua Yangzi, saya sangat terpesona. Saya melihat rumpun tanaman keluarga jelatang yang tumbuh dalam kondisi gelap," kata Monro dalam sebuah pernyataan.

Tanaman ini dijuluki Pilea cavernicola. Meskipun tidak tumbuh dalam kondisi gelap total, ia bertahan dengan tingkat cahaya yang sangat rendah yaitu 0,04 persen dari sinar matahari di gua-gua provinsi Guangxi.

Tim juga menemukan dua spesies jelatang lainnya di ngarai wilayah tersebut. Salah satu tanaman Pilea Guizhouensis ditemukan Gorge Malinghe.

Tanaman ini hidup dalam formasi batuan yang tidak biasa dan diciptakan oleh endapan batu gamping dari mata air mineral dari waktu ke waktu. Batuan ini melekat pada dinding vertikal ngarai.

Jelatang lainnya, Pilea shizongensis memiliki bunga berwarna merah muda dan tumbuh di lantai berbayang dari ngarai Huang Feng Gu.

Genus Pilea tanaman jelatang diyakini memiliki lebih dari 700 spesies di seuruh dunia. Sepertiga diantaranya menunggu untuk pendeskripsian jenis. Spesies baru ini dijelaskan detil dalam jurnal PhytoKeys.

LIVE SCIENCE | ISMI WAHID

Berita terpopuler lainnya:
Penyakit Lama Golkar Kambuh
'Rhoma Irama, Tokoh Pemersatu' 
Mourinho Takut dengan Kekuatan Juventus


Anda sedang membaca artikel tentang

Tanaman Berbunga Bisa Tumbuh di Gua

Dengan url

http://teknologiseo.blogspot.com/2012/12/tanaman-berbunga-bisa-tumbuh-di-gua.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Tanaman Berbunga Bisa Tumbuh di Gua

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Tanaman Berbunga Bisa Tumbuh di Gua

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger