Wikipedia Kumpulkan Donasi Rp 240 Miliar

Written By Unknown on Sabtu, 29 Desember 2012 | 10.44

Sabtu, 29 Desember 2012 | 04:33 WIB

TEMPO.CO , Jakarta: Wikimedia Fondation, induk dari organisasi nirlaba pengoperasi Wikipedia dan situs serupa lainnya, mendapatkan donasi hingga US$ 25 juta atau sekitar Rp 240 miliar. Angka tersebut hanya terkumpul dalam kurun waktu satu bulan. Seperti diketahui Wikimedia menggelar pengumpulan dana secara daring untuk menarik bantuan dari pendukung dan para pembaca.

Ternyata sambutannya luar biasa, ada sekitar 1,2 juta pendonor yang terlibat dalam donasi ini. Dalam pernyataan melalui situs resminya, Direktur Eksekutif Wikimedia Foundation Sue Gardner menyatakan bersyukur para pencari dana sangat berhasil membantu menjaga keberlangsungan penyebaran konten gratis ke seluruh dunia.

Kampanye pencarian dana tersebut diiklankan dalam situs Wikipedia berbahasa Inggris di lima negara selama sembilan hari. Kelimanya adalah Amerika Serikat, Kanada, Inggris Raya, Australia dan Selandia Baru. Iklan selama sembilan hari tersebut, jauh lebih sedikit ketimbang kampanye tahun lalu yang dibuka hingga 46 hari. Catatan pencarian dana tahun lalu adalah US$ 20 juta dari lebih dari satu juta pendonor.

Melalui kampanye tahun ini, Wikimedia mampu untuk membayar sejumlah tagihan. Pencarian dana biasa digunakan untuk membantu pembiayaan infrastruktur teknologi, pengembangan fungsional situs baru, perluasan layanan di pesawat selular, menyiapkan sejumlah pertahanan hukum untuk proyek-proyek baru dan mendukung relawan komunitas di seluruh dunia.

Pada 2012, Wikipedia cukup sibuk dengan sejumlah proyek tentang pendesainan ulang situs versi pesawat selular dan membangun kerjasama baru dengan perusahaan telekomunikasi dari Arab Saudi. Kerjasama tersebut memungkinkan 25 juta pengguna operator Saudi Telecom bisa mengakses Wikipedia secara gratis tanpa biaya pengiriman data pun.

Tahun ini pula, Wikipedia meluncurkan fitur ebook dan membuat beberapa videonya lebih mudah diakses dengan menginstall HTML5 player. Menurut comScore Media Metrix, Wikipedia dan situs-situs saudaranya telah menerima 483 pengunjung setiap bulannya. Kunjungan itu membuat Wikipedia menjadi situs kelima yang paling populer di dunia. Hingga saat ini, Wikipedia tersedia dalam 285 bahasa dengan 24 juta artikel yang disediakan oleh lebih dari 80 ribu relawan.

DIANING SARI


Anda sedang membaca artikel tentang

Wikipedia Kumpulkan Donasi Rp 240 Miliar

Dengan url

http://teknologiseo.blogspot.com/2012/12/wikipedia-kumpulkan-donasi-rp-240-miliar.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Wikipedia Kumpulkan Donasi Rp 240 Miliar

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Wikipedia Kumpulkan Donasi Rp 240 Miliar

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger