Bos google Jajal Internet di Korea Utara

Written By Unknown on Selasa, 22 Januari 2013 | 10.44

Selasa, 22 Januari 2013 | 05:53 WIB

TEMPO.CO, Pyongyang--Kesan sebagai masyarakat tertutup sering melekat pada Korea Utara. Negara komunis itu tertinggal jauh dari saudaranya, Korea Selatan, terutama dalam bidang teknologi. Namun benarkah di Korea Utara tak ada Internet?

Ternyata ada internet. Dari hasil kunjungan bos Google, Eric Schmidt dua pekan lalu, dia menemukan ternyata ada internet dan ponsel di negara itu.

Dalam akunnya di google+ Eric menulis, ternyata ada jaringan 3G. Jaringan itu hasil kerja sama perusahaan Mesir Orascom dengan memakai frekuensi 2,1 Mhz. "Dengan jaringan ini, memungkinkan mereka memakai smartphone dan mengakses internet," tulis Eric dalam akunnya, Ahad 20 Januari 2013.

Eric memperkirakan ada 1,5 juta ponsel dan diperkirakan akan tumbuh jumlahnya. Dari hasil kunjungannya itu, Eric juga mendapat demonstrasi perangkat lunak berbasis opensource, umumnya Linux.

Namun penggunaan internet itu diawasi ketat oleh Negara. Penggunaan internet juga tak bisa sendirian. Selalu ada orang lain yang ada di dekat pengguna. Pengguna internet hanya kalangan pemerintah, militer dan universitas. Masyarakat umum tak bisa mengakses internet.
Dengan adanya internet ini sangat memungkinkan menghubungkan mereka dengan dunia luar.

Menurut Eric, keputusan pemerintah Korea Utara menutup diri itu sangat mempengaruhi pembangunan fisik dan ekonominya. "Bagi saya, ini sudah waktunya mereka membuka akses internet untuk umum. Usai akses internet dibuka, maka masyarakat bisa membangun diri," tulis Eric.

NUR ROCHMI | GOOGLE+


Anda sedang membaca artikel tentang

Bos google Jajal Internet di Korea Utara

Dengan url

http://teknologiseo.blogspot.com/2013/01/bos-google-jajal-internet-di-korea-utara.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Bos google Jajal Internet di Korea Utara

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Bos google Jajal Internet di Korea Utara

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger