Kata Ilmuwan Soal Pentingnya Penelitian Genetika  

Written By Unknown on Rabu, 02 Januari 2013 | 10.44

Rabu, 02 Januari 2013 | 09:24 WIB

TEMPO.CO, Connecticut - Terlepas dari kontroversi, genetika semakin membuktikan diri dengan sejumlah metode baru dan kuat untuk menentukan urutan DNA dan menganalisis hasilnya. Profesor Arthur Beaudet dari Baylor College of Medicine mengatakan, upaya mencari satu atau beberapa mutasi gen yang menyebabkan tindakan kekerasan ekstrim bisa saja berujung nihil. "Tapi mungkin ada variasi gen yang memicu risiko dan meningkatkan kesempatan seseorang melakukan kekerasan," kata dia.

Pendapat ini ditentang pakar saraf dari Duke University, J. H. Pate Skene. Ia mengatakan, penelitian genetika memang dapat menguak banyak misteri pada diri seseorang. Namun, bukan berarti akan menjadi satu-satunya justifikasi. "Kalaupun kita tahu seseorang berpeluang 2 atau 20 persen melakukan kejahatan, apa yang akan dilakukan terhadap orang itu?" kata dia. "Toh mereka belum pernah dihukum apa pun dan belum melakukan sesuatu yang salah."

Tetap saja Beaudet menilai penelitian ini penting. "Profil genetik mungkin memainkan peran jika seseorang dihukum karena pelanggaran kekerasan," ujar dia. Ia beralasan, para penjahat selalu membantah pembebasan bersyarat hanya didasarkan pada evaluasi psikiatri. "Mungkin tes genetik bisa menambah kepastian keputusan," ujarnya.

Ibarat Tuhan, genetika kekerasan memungkinkan para peneliti untuk menemukan cara-cara intervensi sebelum seseorang melakukan kejahatan yang mengerikan. Namun, tujuan ini masih sangat sulit dicapai. Pengejaran ini berisiko mengancam kebebasan pribadi. Bahkan, sejumlah ilmuwan bergidik membayangkan pelabelan orang yang berpotensi menjadi penjahat.

"Ide skrining untuk mencegah orang-orang berbuat kejahatan adalah ide yang mustahil," kata Steven E. Hyman, Direktur Stanley Center for Psychiatric Research di Massachusetts Institute of Technology di Harvard. Suatu hari, ia menambahkan, mungkin penting untuk mengetahui karakteristik fisik pelaku kekerasan dan mengetahui DNA mereka. "Tapi itu sebatas penelitian biologi, bukan untuk mencegah (kekerasan)," ujarnya.

MAHARDIKA SATRIA HADI | NY TIMES | LA TIMES | WALL STREET JOURNAL

Berita Terkini:
Benarkah Pembunuh Itu Bisa Diintip dari Gennya?
Di balik Misteri Genetik Si Pembunuh Massal
Yahoo! Resmi Keluar dari Korsel
Apple Jualan Buku Elektronik Di Jepang


Anda sedang membaca artikel tentang

Kata Ilmuwan Soal Pentingnya Penelitian Genetika  

Dengan url

http://teknologiseo.blogspot.com/2013/01/kata-ilmuwan-soal-pentingnya-penelitian.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Kata Ilmuwan Soal Pentingnya Penelitian Genetika  

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Kata Ilmuwan Soal Pentingnya Penelitian Genetika  

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger