Mengapa Ada Orang Berambut Merah?  

Written By Unknown on Selasa, 29 Januari 2013 | 10.44

Senin, 28 Januari 2013 | 18:14 WIB

TEMPO.CO, London - Variasi warna tidak hanya dijumpai pada kulit dan mata. Rambut juga memiliki variasi warna yang tidak kalah beragam. Warna rambut yang terbilang unik adalah merah. Para ilmuwan sedang meneliti keberadaan gen yang bertanggung jawab terhadap munculnya rambut merah.

Menggunakan pengujian air liur sederhana, para ilmuwan dari BritainsDNA mencari DNA orang yang memiliki satu dari tiga varian umum pada MC1R, gen yang bertanggung jawab untuk warna rambut merah. Uji air liur, yang dirancang untuk melacak nenek moyang seseorang, akan disediakan untuk publik pada pameran "Siapakah Anda Sebenarnya?" yang digelar di London bulan depan.

Sekitar empat dari sepuluh penduduk Inggris diperkirakan mengalami mutasi gen yang dapat menyebabkan munculnya rambut merah pada anak-anak mereka. Ini bisa terjadi meski orang tua tidak memiliki gen yang mewarisi rambut merah.

"Gen rambut merah bersifat resesif," kata Jim Wilson, kepala ilmuwan di BritainsDNA, Senin, 28 Januari 2013. Hanya satu dari empat anak yang terlahir berambut merah, dan satu dari dua anak akan menjadi pembawa gen (carrier).

Ia mengatakan, anak-anak dengan hanya satu orang tua yang membawa gen rambut merah tidak akan memiliki rambut merah. Namun, setengah dari jumlah anak-anak itu akan membawa varian gen rambut merah dan mewariskannya kepada keturunan mereka.

"Ini berarti keluarga dapat membawa varian gen rambut merah untuk generasi selanjutnya," ujar dia. Keturunan berambut merah akan muncul ketika salah satu pembawa gen kawin dengan pembawa gen yang sama.

Tidak hanya di Inggris, sekitar satu dari sepuluh orang di Irlandia juga memiliki rambut merah, meski 40 persen adalah pembawa. Jika Inggris memiliki enam persen populasi berambut merah, Skotlandia memiliki 13 persen penduduk rambut merah.

Rambut merah atau kerap disebut rambut jahe jauh lebih umum dijumpai di Inggris daripada di wilayah lain. Di Eropa daratan, misalnya, jumlah penduduk berambut merah hanya 1,3 persen. Di seluruh dunia, jumlahnya justru turun ke angka 0,5 persen atau satu dari 200 orang.

TELEGRAPH | MAHARDIKA SATRIA HADI


Anda sedang membaca artikel tentang

Mengapa Ada Orang Berambut Merah?  

Dengan url

http://teknologiseo.blogspot.com/2013/01/mengapa-ada-orang-berambut-merah.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Mengapa Ada Orang Berambut Merah?  

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Mengapa Ada Orang Berambut Merah?  

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger