Tempurung Lutut Menggantikan Peran Sidik Jari

Written By Unknown on Senin, 28 Januari 2013 | 10.44

Senin, 28 Januari 2013 | 04:05 WIB

TEMPO.CO , Jakarta--Bagian tubuh bisa dipindai untuk kepentingan identitas. Tetapi sekarang, tinggalkan sidik jari digital, iris mata dan identifikasi suara. Para ilmuwan mengklaim bahwa mereka telah menemukan jejak biometrik pada tonjolan lutut manusia.

Menurut ilmuwan Amerika Serikat, tempurung lutut tiap orang adalah unik. Maka bagian tubuh ini bisa memberikan cara yang sangat mudah untuk mengidentifikasi seseorang di bandara maupun pos pemeriksaan keamanan lainnya.

Tim mengklaim bahwa tes awal dari sistem keamanan yang mengambil scan MRI tempurung lutut adalah 93 persen akurat. Komputer ilmuwan Lior Shamir dari Universitas Teknologi Lawrence, Southfield mengatakan bahwa sistem bisa menjadi sempurna untuk cepat mendaftar dan mengidentifikasi orang-orang dalam antrian bergerak ketika mereka mendekati pemeriksaan paspor di bandara atau melalui pintu masuk kantor.

Tim percaya bahwa sistem mereka jauh lebih sulit untuk menipu tanpa operasi besar pada lutut. "Usaha menipu memerlukan prosedur medis invasif dan rumit. Karena itula lebih tahan terhadap penipuan dibandingkan metode wajah, sidik jari atau iris mata," kata Shamir. Tim bahkan percaya bahwa hukuman umum di dunia kriminal yang sampai menyebabkan lutut hancur, masih akan mungkin membuat lutut korban tetap unik.

Shamir telah menguji pendekatan ini dan mencapai akurasi sekitar 93 persen. Lihat saja, lensa kontak dapat digunakan untuk menipu sistem pengenalan iris, paspor juga dapat dipalsukan.

Pemindaian MRI dapat menghindari resiko kesehatan pemindaian karena radiasi ion seperti X-ray. Dan juga akan menghindari beberapa masalah privasi yang muncul akibat scanner terahertz yang bisa melihat bagian bawah pakaian seseorang.

Menurut para peneliti ada masalah keterbatasan dengan pemindaian MRI. Scanner MRI adalah mesin yang sangat besar dan membutuhkan waktu lama untuk memperoleh gambar bahkan bagian tubuh yang kecil seperti tempurung lutut. Namun, perkembangan MRI akan bergerak dengan cepat. Kemungkinan dalam jangka menengah, peralatan yang lebih portabel dan lebih cepat akan segera diciptakan untuk memenuhi kepentingan keamanan. Simak berita iptek lainnya di sini.

DAILY MAIL | ISMI WAHID


Anda sedang membaca artikel tentang

Tempurung Lutut Menggantikan Peran Sidik Jari

Dengan url

http://teknologiseo.blogspot.com/2013/01/tempurung-lutut-menggantikan-peran.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Tempurung Lutut Menggantikan Peran Sidik Jari

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Tempurung Lutut Menggantikan Peran Sidik Jari

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger