Ilmuwan Prediksi Lumpur Lapindo Berkurang di 2017

Written By Unknown on Minggu, 03 Februari 2013 | 10.44

Sejumlah menyaksikan rumah yang tenggelam dari Desa Glagah Arum Porong Sidoarjo, (19/11). Puluhan rumah terendam oleh luberan air lumpur panas Lapindo akibat jebolnya tanggul penahan lumpur, Selasa (18/11) malam. ANTARA/Eric Ireng

Sabtu, 02 Februari 2013 | 21:05 WIB

TEMPO.CO, Jakarta -Semburan lumpur Lapindo yang dialami warga Sidoarjo terus berlangsung hingga kini. Ilmuwan memperkirakan dalam beberapa tahun lagi muntahan lumpur itu hanya tinggal 10 persen dibanding yang dikeluarkan saat ini.

Semburan lumpur Lapindo terjadi sejak Mei 2006 saat pengeboran ladang gas oleh PT Lapindo. Sejak itu, erupsi lumpur telah menenggelamkan belasan desa. Akibatnya lebih dari 60 ribu orang harus diungsikan. Berdasarkan jumlah semburan lumpur selama tiga tahun pertama, ilmuwan memperkirakan lumpur akan berakhir 23-50 tahun kedepan.

Namun studi terbaru memperkirakan semburan lumpur akan berakhir lebih cepat. Adalah Maxwell Rudolph, peneliti dari University of Colorado Boulder, Amerika, yang menganalisa pengukuran citra satelit terkait Lumpur lapindo yang dikumpulkan dari Oktober 2006-April 2011. Bersama timnya, Maxwell menemukan bahwa perubahan tingkat semburan mencerminkan perubahan tekanan dari dalam perut bumi. "Tingginya tekanan mendorong erupsi lumpur," kata Maxwell sebagaimana dilansir dari situs Science News, Jumat 1 Februari 2013.

Nah, tekanan ini ternyata menurun secara eksponensial dari waktu ke waktu. Saat ini lumpur yang keluar dari perut bumi mencapai 10 ribu kubik meter per hari. Dengan menurunnya tekanan, diperkirakan pada 2017 erupsi lumpur hanya menyisakan kurang dari 1.000 kubik meter per hari.

AMIRULLAH

Berita populer:

Begini Curhat Raffi Ahmad ke Wanda Saat di BNN
PKS Harus 'Balas Dendam' Usai Penangkapan Luthfi  
PKS: Penahanan Luthfi Konspirasi Gagal Total
Inilah Gurihnya Bisnis Impor Daging Sapi
Pengacara: Raffi Ahmad Tak Bisa Jadi Tersangka


Anda sedang membaca artikel tentang

Ilmuwan Prediksi Lumpur Lapindo Berkurang di 2017

Dengan url

http://teknologiseo.blogspot.com/2013/02/ilmuwan-prediksi-lumpur-lapindo.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ilmuwan Prediksi Lumpur Lapindo Berkurang di 2017

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ilmuwan Prediksi Lumpur Lapindo Berkurang di 2017

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger