India Pernah Berada di Sebelah Madagaskar

Written By Unknown on Selasa, 26 Februari 2013 | 10.44

Selasa, 26 Februari 2013 | 10:41 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Fragmen sebuah benua kuno yang terkubur di bawah lantai Samudra Hindia ternyata ditemukan. Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bukti daratan itu yang berumur antara 2000 hingga 85 juta tahun yang lalu.

Bukti itu berupa potongan tanah yang para ilmuwan sebut sebagai Mauritia ini terfragmentasi dan menghilang dibawah gelombang laut ketika dunia modern mulai terbentuk. Studi ini telah diterbitkan dalam jurnal Nature Geoscience.

Sampai sekitar 750 juta tahun yang lalu, daratan bumi terkumpul dalam sebuah benua tungga raksasa yang disebut Rodinia. Misalnya saja, meski sekarang benua-benua ini telah terpisah oleh ribuan kilometer laut, dahulu India pernah berada di sebelah Madagaskar.

Sekarang, para peneliti percaya bahwa mereka telah menemukan bukti sekeping benua yang dikenal sebagai mikrokontinen, pernah terselip di antara keduanya. Tim peneliti sampai pada kesimpulan ini setelah mempelajari butir-butir pasir di pantai Mauritius, 2.000 kilometer di lepas pantai timur selatan dari benua Afrika.

"Kami menemukan mineral zircon yang kami ekstrak dari pasir pantai. Dan ini adalah sesuatu yang biasanya ditemukan di kerak benua. Usianya sangat tua," kata Profesor Trond Torsvik dari Universitas Oslo, Norwegia. Zirkon tersebut berumur antara 1970 dan 600 juta tahun yang lalu. Tim menyimpulkan bahwa pasir ini adalah sisa-sisa tanah kuno yang telah terseret sampai ke permukaan pulau selama letusan gunung berapi.

Profesor Torsvik mengatakan bahwa ia percaya potongan Mauritia bisa ditemukan sekitar 10 kilometer di bawah pulau Mauritius dan di bawah balutan Samudera Hindia. Kemungkinan ini terjadi jutaan tahun sejarah dari era Precambrian ketika tanah itu tandus dan tanpa kehidupan saat dinosaurus menguasai bumi.

Tapi sekitar 85 juta tahun yang lalu, saat India mulai menjauh dari Madagaskar, mikrokontinen telah terputus yang akhirnya menghilang dibawah gelombang. "Saat ini, pulau Seychelles yang terletak di timur laut Madagaskar terdiri atas granit atau bagian dari kerak benua yang berada di tengah-tengah Samudera Hindia," kata Torsvik. Penelitian lebih lanjut membutuhkan penyelidikan penuh tentang apa yang hilang dari wilayah ini. Berita Iptek lainnya.

BBC | ISMI WAHID

Berita Lainnya:
Ada 'Gangnam Style' di Pelantikan Presiden Korsel 
Raffi Ahmad Dilaporkan Orang Ini ke BNN
Vena Melinda Gugat Cerai Suami
Julia Perez Resmi Dinyatakan Buron


Anda sedang membaca artikel tentang

India Pernah Berada di Sebelah Madagaskar

Dengan url

http://teknologiseo.blogspot.com/2013/02/india-pernah-berada-di-sebelah.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

India Pernah Berada di Sebelah Madagaskar

namun jangan lupa untuk meletakkan link

India Pernah Berada di Sebelah Madagaskar

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger