ITB Dirikan Cyber Security Center

Written By Unknown on Jumat, 01 Februari 2013 | 10.44

Jum'at, 01 Februari 2013 | 05:09 WIB

TEMPO.CO , Bandung - Institut Teknologi Bandung mendirikan Cyber Security Center. Tujuannya untuk menangkal kejahatan di dunia maya seperti pencurian data, penyebaran informasi palsu, serta pembobolan bank. Pusat keamanan itu sekaligus tempat riset dan pendidikan pasca sarjana.

Kepala Cyber Security Center, Yusep Rusmansyah mengatakan, Indonesia masih rentan serangan kejahatan lewat teknologi dunia maya. Salah satu bukti terbarunya peretasan situs Presiden Susilo Bambang Yudhoyono oleh tamatan siswa sekolah kejuruan di Jember, Jawa Timur. "Itu masih yang sekedar iseng, upaya pencurian data di bank itu terjadi setiap hari," kata dosen di Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB itu kepada Tempo, Rabu, 30 Januari 2013.

Selain itu, ujar Yusep, kerentanan bisa dilihat dari belum adanya lembaga Computer Emergency Response Team yang kuat. Di luar negeri dan negara jiran, tim penangkal itu diawaki ratusan hingga ribuan pegawai kompeten.
Tim ini bertugas melindungi data negara yang dikhawatirkan dicuri peretas misalnya KTP elektronik, hingga mempersiapkan skeanrio strategi perang cyber.

Cyber Security Center dibangun ITB dan Korean International Cooperation Agency. Pemerintah Korea memberi hibah bangunan dan isinya, serta pelatihan tenaga ahli senilai Rp 55 miliar. Berlokasi di kampus ITB Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, gedung itu ditargetkan selesai pada Desember 2013. Kegiatan di pusat keamanan itu meliputi riset, tempat pendidikan magister keamanan informasi, serta S-3 yang sudah dimulai Januari ini.

ANWAR SISWADI

Berita Terpopuler:
Skandal Suap PKS, Ada Wanita Sedang Bermesraan
Kurir Suap Daging Ditangkap Bersama Gadis Muda
Tersangka Suap Daging PKS Sewa Gadis Rp 10 Juta?
Gratifikasi Seks? Presiden PKS Tersenyum
Presiden PKS Jadi Tersangka Suap Impor Daging


Anda sedang membaca artikel tentang

ITB Dirikan Cyber Security Center

Dengan url

http://teknologiseo.blogspot.com/2013/02/itb-dirikan-cyber-security-center.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

ITB Dirikan Cyber Security Center

namun jangan lupa untuk meletakkan link

ITB Dirikan Cyber Security Center

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger