Simpanse Suka Main Puzzle

Written By Unknown on Kamis, 28 Februari 2013 | 10.44

Kamis, 28 Februari 2013 | 05:54 WIB

TEMPO.CO, Jakarta -Mirip dengan manusia, hewan mamalia, simpanse, ternyata menyukai permainan teka-teki, seperti puzzle. Berdasarkan penelitian Zoological Society di London, Inggris, simpanse akan mendapatkan rasa puas tiap kali memecahkan permainan nan rumit. Layaknya perasaan yang didapat manusia kala berhasil memainkan teka-teki silang.

"Kami menyiapkan tantangan untuk enam simpanse di Kebun Binatang Whipsnade," kata seorang peneliti, Fay Clarck, seperti yang dikutip Mail Online, Selasa, 26 Februari 2013. "Hewan itu akan memindahkan dadu, melalui jaring pipa, hingga berhasil keluar lubang."

Untuk permainan ini, tiap simpanse akan dibantu dengan setangkai tongkat. Dengan alat ini, si simpanse bakal mengubah arah dadu sesuai kehendak mereka. "Simpanse juga melakukan permaianan yang sama dengan kacang Brazil," tulis American Journal of Primatologi.

Bila hewan lain yang merasa tertantang bermain kala mendapat iming-iming imbalan makanan, tidak demikian dengan simpanse. Mereka seakan tak peduli apakah setelah bermain akan mendapat hadiah camilan atau tidak. Bagi simpanse, permaianan teka-teki murni sebagai sebuah tantangan tersendiri. "Hal ini menunjukkan mereka mendapatkan rasa puas yang sama dengan manusia tiap menyelesaikan permaianan asah otak," ujar Clark.

Untuk simpanse di alam liar, mereka juga memainkan ejumlah teka-teki. Seperti kala mendaci makanan atau madu dalam batang pohon atau gundukan rayap. Dan permainan itu lebih menantang karena si simpanse tak mendapatkan bantuan berupa tongkat untuk menyelesaikan permainan.

MAIL ONLINE | CORNILA DESYANA


Anda sedang membaca artikel tentang

Simpanse Suka Main Puzzle

Dengan url

http://teknologiseo.blogspot.com/2013/02/simpanse-suka-main-puzzle.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Simpanse Suka Main Puzzle

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Simpanse Suka Main Puzzle

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger