Benarkah Kecerdasan Anak Warisan dari Orang Tua?

Written By Unknown on Minggu, 17 Maret 2013 | 10.44

Minggu, 17 Maret 2013 | 08:02 WIB

TEMPO.CO, Queensland -- Sebuah studi baru mengklaim bahwa empat puluh persen kecerdasan anak diturunkan dari orangtua. Temuan tentang kecerdasan pada diri seseorang terus saja menuai perdebatan apakah itu hasil produk alam atau hasil didikan.

Para peneliti dari University of Queensland menggunakan data genetik dan skor IQ dari ribuan anak dari empat negara. Mereka menemukan bahwa antara 20 hingga 40 persen dari variasi IQ anak adalah karena faktor genetik. "Perkiraan dari informasi DNA memang lebih rendah dari studi keluarga. Tetapi kesimpulan kami konsisten bahwa kecerdasan anak adalah hasil warisan," kata Dr Beben Benyamin.

Dr Benyamin dan rekan menganalisa sampel DNA dan skor IQ dari 18 ribu anak berusia 6 sampai 18 tahun dari Australia, Belanda, Inggris dan Amerika Serikat. Mereka mencari setiap korelasi antara pola perbedaan DNA anak-anak dengan pola perbedaan IQ mereka.

Temuan menunjukkan bahwa gen yang dikenal sebagai FNBP1L secara signifikan berkaitan dengan kecerdasan anak. Gen yang sama sebelumnya telah ditampilkan sebagai gen yang paling signifikan dalam memprediksi kecerdasan orang dewasa.

Biasanya ketika melihat bagaimana faktor genetik mempengaruhi sifat individu, ilmuwan lebih memilih mencari varian gen yang dikenal sebagai single-nucleotide polymorphisms (SNPs). Gen ini memberikan informasi genetik yang lebih tepat. Namun, studi ini tidak menemukan varian gen SNP tunggal kuat yang dalat memprediksi kecerdasan anak.

"Tapi ketika melihat efek gabungan dari semua SNP, kami dapat mengestimasi kontribusi genetik sekitar 20 hingga 40 persen akan perbedaan IQ," kata Dr Benyamin. Itu berarti bahwa kemungkinan banyak gen berkontribusi terhadap kecerdasan anak-anak. Masing-masing memiliki efek kecil tetapi sifatnya kumulatif. Temuan ini juga dapat membantu peneliti untuk lebih memahami cacat intelektual. Berita gaya hidup dan kesehatan lainnya di sini.

DAILY MAIL | ISMI WAHID

Berita Lainnya:
Kronologi Penyerangan Kantor Tempo
Bayi yang Minum ASI Tak Bebas Obesitas 
Enam Alasan Pria Berselingkuh 
Hercules Punya Jasa kepada Kopassus
Ini Kata Ahok Soal Jokowi Potensial Jadi Capres


Anda sedang membaca artikel tentang

Benarkah Kecerdasan Anak Warisan dari Orang Tua?

Dengan url

http://teknologiseo.blogspot.com/2013/03/benarkah-kecerdasan-anak-warisan-dari.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Benarkah Kecerdasan Anak Warisan dari Orang Tua?

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Benarkah Kecerdasan Anak Warisan dari Orang Tua?

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger