Gigi Hiu Ini Mirip Gergaji Mesin  

Written By Unknown on Kamis, 07 Maret 2013 | 10.44

Rabu, 06 Maret 2013 | 19:30 WIB

TEMPO.CO, Idaho - Asal-usul hiu modern semakin terkuak saat baru-baru ini tim ilmuwan dari Idaho State University, Amerika Serikat, menemukan fosil hiu raksasa dengan sususan gigi seperti gergaji mesin. Hiu purba ini berkeliaran di lautan sekitar 270 juta tahun lalu.

Helicoprion--nama hiu tersebut--diduga sebagai nenek moyang awal hiu. Yang membuat unik hiu purba ini yakni gigi tajamnya yang tersusun melingkar pada rahang bawahnya. Gigi berbentuk spiral itu berputar tiap kali hiu merobek dan mencabik tubuh mangsanya.

Kesimpulan ini diambil setelah para ilmuwan merekonstruksi bentuk rahang hiu Helicoprion dengan pemindai tiga dimensi. "Gigi itu ada di bagian belakang mulut, tepat di samping belakang sendi rahang bawah," kata Profesor Leif Tapanila, yang memimpin penelitian, Rabu, 6 Maret 2013.

Tim ilmuwan menganalisis ratusan spesimen fosil gigi berbentuk spiral yang ditemukan di beberapa lokasi di seluruh dunia. Hanya gigi hiu yang terawetkan dengan baik. Sedangkan kerangka hiu terbuat dari tulang rawan, seperti hiu modern, sehingga tidak terawetkan menjadi fosil.

Dengan panjang tubuh sekitar delapan meter dan bobot setengah ton, Helicoprion tercatat sebagai hiu terbesar dan terpanjang sejagat. Tapanila mengatakan, tidak ada satu pun hiu modern yang menyamai rekor ini.

Penampilan Helicoprion telah lama membingungkan para ilmuwan. Terutama soal bentuk gigi spiral yang cara kerjanya menyerupai gergaji mesin. "Kini kami mengetahui bentuk hiu itu, posisi gigi spiralnya, serta cara makannya," ujar Tapanila.

Temuan yang dipublikasikan dalam jurnal Biology Letters ini juga menguak misteri lainnya. Helicoprion ternyata lebih berkerabat dekat dengan ratfish--keluarga hiu yang berukuran sekitar satu meter--dibanding hiu predator yang bertubuh lebih besar.

Tapanila mengatakan, tubuh ratfish (Holocephala) dan hiu predator sama-sama tersusun atas tulang rawan, bukan tulang sejati. Namun, bagian tubuh Helicoprion yang sama dengan hiu predator hanya struktur giginya. Sedangkan bagian tubuh lain lebih mirip dengan ratfish.

DAILYMAIL | MAHARDIKA SATRIA HADI



Terpopuler:

Ruhut Sitompul Goda Ibunda Raffi Ahmad
Fakta-fakta Menarik Jelang MU Vs Real Madrid
Pegawai Kemenag Dicurigai Gelapkan Dana Haji
Polisi Gamang Usut Golden Traders
Menolong Neneng, 2 WN Malaysia Divonis 7 Tahun
Akil Mochtar Ingin Jadi Ketua MK


Anda sedang membaca artikel tentang

Gigi Hiu Ini Mirip Gergaji Mesin  

Dengan url

http://teknologiseo.blogspot.com/2013/03/gigi-hiu-ini-mirip-gergaji-mesin.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Gigi Hiu Ini Mirip Gergaji Mesin  

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Gigi Hiu Ini Mirip Gergaji Mesin  

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger