Kegelisahan Ikan Badut Bermanfaat Bagi Anemon

Written By Unknown on Jumat, 01 Maret 2013 | 10.44

Jum'at, 01 Maret 2013 | 05:49 WIB

TEMPO.CO, Alabama - Ikan badut selalu bersembunyi diantara tentakel-tentakel anemon di barisan terumbu karang untuk menghindari predator. Namun, peneliti Amerika Serikat telah menemukan bahwa anemon juga mendapatkan manfaat atas kehadiran ikan ini pada saat mereka gelisah di malam hari.

Ketika ikan gelisah dan membuat banyak gerakan di malam hari, mereka meningkatkan aliran air di sekitar anemon. Ini berarti meningkatkan konsumsi oksigen. Temuan ini diterbitkan dalam jurnal Experimental Biology.

Pada malam hari, kondisi perairan laut menjadi kekurangan oksigen karena terumbu karang tak melakukan fotosintesis. Bersamaan dengan itu, justru predator ikan badut memulai perburuannya. "Ikan karang lainnya dapat bergeser ke lain tempat yang lebih banyak oksigen. Tetapi ikan badut justru akan terus menempel pada anemon dan jika menarik diri, itu bukan opsi yang menguntungkan," kata Dr Joseph Szczebak dari Universitas Auburn, Alabama yang memimpin studi ini.

Untuk memahami lebih lanjut tentang hubungan nokturnal antara ikan badut dan anemon. Dr Szczebak dan rekan melakukan perjalanan ke Stasiun Ilmu Kelautan di Aqaba, Yordania. Mereka menyelam di laut Merah. Para ilmuwan ini mampu merekam kadar oksigen berubah ketika ikan berada di anemon dan ketika ikan-ikan ini dipisahkan.

Mereka menemukan bahwa ikan dan anemon mengkonsumsi oksigen hingga 1,4 kali leih banyak ketika mereka dipisahkan. Ikan badut juga bergerak lebih agresif ketika melekat pada anemon daripada ketika sendiri.

"Perilaku ini muncul untuk meningkatkan gerakan air melalui tentakel anemon," kata Dr Szczebak. Menurutnya, anemon meningkatkan konsumsi oksigen dengan aliran air. Ini menunjukkan bahwa efek samping aliran terkait perilaku ikan badut akan meningkatkan tingkat pernapasan anemon.

Pengamatan ini jauh berbeda dengan teori sebelumnya bahwa ikan badut menjadi pasif di malam hari untuk menghindari predator. Sebaliknya, ikan yang diteliti justru sangat aktif lebih dari 80 % pada malam hari.

Menurut Dr Szczebak, tingkat aktivitas ikan ini tentu berguna untuk meningkatkan kebutuhan oksigen bagi anemon. Sebagai pertimbangan jika anemon mengempis karena kekurangan oksigen, maka ikan badut ini tak memiliki tempat berlindung.

BBC | ISMI WAHID

Berita teknologi lainnya:
Tulang Adik Cleopatra yang Dibunuh Ditemukan
Serial Animasi Angry Bird Mulai Tayang Maret
Lahirkan Bayi Laki-laki Bisa Kurangi Umur Ibu
Simpanse Suka Main Puzzle 
20 Tahun Lagi, Penyu Belimbing Diprediksi Punah 
Simpanse Suka Main Puzzle
Fisikawan Lacak Orbit Meteor Rusia Pakai CCTV 
Teliti Pejantan, Ilmuwan Gunakan Bangkai Burung


Anda sedang membaca artikel tentang

Kegelisahan Ikan Badut Bermanfaat Bagi Anemon

Dengan url

http://teknologiseo.blogspot.com/2013/03/kegelisahan-ikan-badut-bermanfaat-bagi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Kegelisahan Ikan Badut Bermanfaat Bagi Anemon

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Kegelisahan Ikan Badut Bermanfaat Bagi Anemon

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger