Kenapa Lengan Gurita Betina Lebih Panjang

Written By Unknown on Kamis, 04 April 2013 | 10.44

Kamis, 04 April 2013 | 05:22 WIB

TEMPO.CO , Pisa: Gurita betina dapat meregangkan tubuhnya mencapai panjang ekstra untuk menjangkau makanan. Para ilmuwan Italia mengukur perpanjangan lengan gurita ini saat mereka melewati sebuah tabung yang telah dirancang menuju umpan makanan lezatnya.

Untuk pertama kalinya, mereka menemukan kemampuan lengan gurita memanjangkan tangannya tergantung oleh jenis kelamin dan ukuran tubuh. Temuan ini diterbitkan dalam Journal of Experimental Marine Biology and Ecology.

Para ilmuwan telah memperkirakan temuan ini. Gurita kecil akan meregangkan lengannya lebih jauh daripada hewan yang berukuran lebih besar. "Tapi lebih mengejutkan lagi adalah perbedaan antara jantan dan betina meski ukuran tubuhnya sama," kata Dr Laura Margheri, tim peneliti dari BioRobotics Institute at Scuola Superiore Sant'Anna university di Pisa, Italia.

Di alam liar, gurita menggunakan pelengkap fleksibel yaitu lengan mereka dalam berbagai kegiatan seperti membersihkan, membela diri, menangkap mangsa dan kawin. Lengan mereka mendominasi sebagian besar berat badan mereka dan berisi sebagian besar saraf. Dalam studi ini, peneliti ingin memahami lebih lanjut tentang biomekanika gurita dan hubungannya dengan perilaku.

Mereka mencermati gurita spesies umum (Octopus vulgaris) terkait dengan kemampuan memanjangkan lengan dalam mengejar makanan. Tim menempatkan mereka dalam tangki berisi tabung transparan kecil dalam posisi diagonal. Gurita tersebut diarahkan untuk memanjangan lengannya menuju makanan lezat.

Proses ini kemudian direkam dalam sebuah video. Mereka memperbandingkan dengan panjang lengan normal hewan ketika berenang dengan kaki mereka.

Pengukuran menunjukkan bahwa 19 gurita yang diamati bisa memperpanjang lengan mereka lebih dari dua kali panjang normal. Betina yang berukuran lebih kecil bahkan mencapai persentase elongasi tinggi dibandingkan gurita jantan dan ukuran tubuh yang lebih besar.

Menurut Margheri, elongasi akan lebih besar terjadi pada hewan kecil untuk mencapai target makanan. Ini dijelaskan karena kebutuhan nutrisi yang besar, kelincahan yang lebih tinggi dan metabolisme energik. Tapi perbedaan perilaku yang mempengaruhi antara jantan maupun betina belum dapat dijelaskan.

Gurita lebih suka menggunakan lengan mereka yang diperpanjang untuk meraih makanan maupun aktivitas seks. Gurita jantan menggunakan ekstrimitas khusus selama kawin untuk memasukkan sperma kepada betina.

BBC | ISMI WAHID

Berita Tempo Lain:
Video Bule Pilih 'Berdamai' dengan Polantas Bali

Kasus Cebongan, Senjata Kopassus Akan Diperiksa 
Mahfud MD: Saya Takut Jadi Presiden! 
Komite Etik KPK Umumkan Hasil Investigasi Hari Ini 
Sketsa Wajah Penyerang LP Cebongan Belum Sempurna  


Topik terhangat:
Partai Demokrat | Agus Martowardojo | Serangan Penjara Sleman | Harta Djoko Susilo | Nasib Anas


Anda sedang membaca artikel tentang

Kenapa Lengan Gurita Betina Lebih Panjang

Dengan url

http://teknologiseo.blogspot.com/2013/04/kenapa-lengan-gurita-betina-lebih.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Kenapa Lengan Gurita Betina Lebih Panjang

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Kenapa Lengan Gurita Betina Lebih Panjang

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger