Mengapa Tangis Bayi Mereda Saat Digendong?  

Written By Unknown on Kamis, 18 April 2013 | 10.44

TEMPO.CO, Tokyo - Misteri mengapa bayi dengan mudah ditenangkan saat berada dalam gendongan diurai oleh ilmuwan Jepang. Penelitian terbaru tidak hanya menegaskan bahwa bayi menjadi sangat rileks ketika mereka digendong, tetapi juga proses fisiologis di dalamnya.

Mereka mengatakan bahwa ketika bayi diangkat dan didekap, detak jantung mereka melambat dan mereka secara otomatis menjadi sangat rileks.  Namun, ini tidak terjadi ketika mereka hanya dipegang saja, demikian studi ini menjelaskan.

Para ilmuwan dari RIKEN Brain Science Institute mengatakan studi mereka adalah yang pertama untuk menunjukkan respons bayi saat digendong sebagai seperangkat rangkaian terkoordinasi antara saraf, motorik, dan regulasi jantung.

Dalam percobaan yang melibatkan mesin EKG, yang mengukur aktivitas listrik jantung, mereka menemukan bahwa detak jantung bayi melambat segera setelah mereka diambil untuk digendong. Menggunakan sistem EKG yang sangat kecil, mereka juga mampu mengamati fenomena yang sama pada tikus.

Baik bayi manusia maupun bayi tikus berangsur tenang dan berhenti gelisah setelah mereka digendong. Pada  tikus, mereka berhenti memancarkan teriakan ultrasonik. Tikus juga secara refleks mengadopsi postur kompak saat digendong, dengan kaki tertekuk, terlihat juga pada mamalia lain seperti kucing dan singa.

"Ini respon bayi mengurangi beban induk membawa mereka, dan bermanfaat baik bagi induk dan bayi," jelas salah satu penulis studi, Dr Kumi Kuroda.

Para peneliti menambahkan bahwa temuan mereka memiliki implikasi penting bagi orangtua dan bahkan bisa berkontribusi untuk mencegah kekerasan terhadap anak.

MAIL ONLINE | TRIP B

Topik terhangat:
Ujian Nasional | Bom Boston | Lion Air Jatuh | Harta Djoko Susilo

Berita lainnya:
Gaya Mini di Ajang MTV Movie Award 2013  Tak Apa Minum Sedikit Alkohol Selama Hamil
Gagal UN 2013, Tak Perlu Kecil Hati 
Stres Bisa Meningkatkan Memori Otak


Anda sedang membaca artikel tentang

Mengapa Tangis Bayi Mereda Saat Digendong?  

Dengan url

http://teknologiseo.blogspot.com/2013/04/mengapa-tangis-bayi-mereda-saat.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Mengapa Tangis Bayi Mereda Saat Digendong?  

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Mengapa Tangis Bayi Mereda Saat Digendong?  

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger