Begini Merokok Mengubah Gen Manusia

Written By Unknown on Kamis, 19 Desember 2013 | 10.44

TEMPO.CO, Uppsala - Merokok benar bisa mengganggu kesehatan. Temuan penelitian baru dari Uppsala University dan Uppsala Clinical Research Center bahkan menunjukkan bahwa merokok mengubah beberapa gen.

Perubahan itu dapat dikaitkan dengan masalah kesehatan bagi perokok, seperti peningkatan risiko terkena kanker dan diabetes. Kesimpulan itu didapat dari studi yang baru-baru ini diterbitkan di jurnal Human Molecular Genetics.

Para peneliti mengungkap bagaimana gen perokok dan pengguna tembakau tanpa asap bisa berubah. Mereka bisa mengidentifikasi sejumlah besar gen yang berubah pada perokok, tapi tidak menemukan efek yang sama pada pengguna tembakau tanpa asap.

"Artinya, modifikasi epigenetik (perubahan kimia dari DNA yang mempengaruhi aktivitas gen) cenderung tidak disebabkan oleh zat dalam tembakau, tetapi oleh ratusan elemen yang berbeda yang terbentuk ketika tembakau dibakar," kata Asa Johansson, peneliti di Departemen Imunologi, Genetika, dan Patologi di Uppsala University dan Uppsala Clinical Research Center, yang memimpin penelitian, sebagaimana dikutip Sciencedaily, Selasa, 17 Desember 2013.

Telah diketahui sebelumnya bahwa perokok memiliki peningkatan risiko terkena diabetes dan berbagai jenis kanker, dan memiliki pertahanan kekebalan tubuh yang kurang serta kualitas sperma yang lebih rendah. Hasil dari penelitian ini juga menunjukkan bahwa gen yang meningkatkan risiko terkena kanker dan diabetes, atau penting bagi respons kekebalan atau kualitas sperma, dipengaruhi oleh aktivitas merokok.

"Oleh karena itu, riset kami menunjukkan bahwa risiko penyakit yang meningkat terkait dengan merokok sebagian disebabkan oleh perubahan epigenetik. Pemahaman yang lebih baik dari mekanisme molekuler di balik penyakit dan fungsi tubuh yang menurun bisa mendatangkan obat dan terapi yang lebih baik di masa depan," kata Asa Johansson.

Simak berita tekno lainnya di sini.

ERWIN Z | SCIENCE DAILY

Berita lain
10 Tren Konsumen Digital 2014 
Pengguna Smartphone Bakal Naik 300 Persen 
Samsung Luncurkan Gamepad untuk Ponsel Android
Samsung Galaxy S5 Dilengkapi dengan Eye Scanner
PS4 dan Xbox One Dilirik 34 Ribu Peretas per Hari  


Anda sedang membaca artikel tentang

Begini Merokok Mengubah Gen Manusia

Dengan url

http://teknologiseo.blogspot.com/2013/12/begini-merokok-mengubah-gen-manusia.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Begini Merokok Mengubah Gen Manusia

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Begini Merokok Mengubah Gen Manusia

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger