Kecoa Purba Makan Kotoran Dinosaurus

Written By Unknown on Minggu, 08 Desember 2013 | 10.44

Para pembeli potensial mengamati kerangka Diplodocus Longus di balai lelang Summers Place di Billingshurst, Inggris (27/11). Kerangka dinosaurus sepanjang 17 meter ini hampir seluruh tulang-tulangnya lengkap . (AP Photo / Gareth Fuller, PA)

TEMPO.CO, Jakarta - Apa yang terjadi dengan kotoran dinosaurus? Ternyata kecoa menyedotnya. Peneliti dari Slovak Academy of Sciences di Slowakia tak sengaja menemukan fakta ini saat meneliti pola makan kecoa purba pada keluarga Blattulidae yang sekarang telah punah.

Menggunakan metode pencitraan canggih, mereka menemukan partikel kayu di dalam usus kecoa yang mereka duga berasal dari kotoran dinosaurus. Meski tampak sepele, kecoa adalah salah satu serangga dominan selama Mesozoikum yang tidak pernah diteliti. Ia sebagai pengolah limbah dinosaurus. Kecoak kuno berada pada masa dinosaurus herbivora hidup. Penelitian ini telah diterbitkan dalam jurnal PLoS ONE.

Menggunakan metode yang disebut synchrotron x-ray microtomography, para peneliti menciptakan visualisasi 3D dari fosil kecoa. Fosil kecoa tersebut ditemukan pada bongkahan batu amber berumur 120 juta tahun yang lalu di Lebanon.

Partikel kayu yang ditemukan dalam pencernaan kecoa tersebut memiliki tekstur yang sangat lembut. Menunjukkan bahwa kecoa tak mengunyahnya. Dan sistem pencernaan serangga tidak mampu membusukkan kayu. Penjelasan yang paling mungkin bahwa kecoa makan beberapa kotoran dari dinosaurus herbivora.

Kecoa kehilangan sumber makanan mereka ketika pemasok makanan punah. Tetapi serangga tak kehilangan selera mereka untuk memakan limbah. Beberapa spesies kecoa modern bahkan memakan kotoran kelelawar maupun burung.

LIVE SCIENCE | ISMI WAHID

Berita Terpopuler:
Angie Pingsan Usai Diperiksa KPK 
Chris John Takluk TKO di Tangan Simpiwe Vetyeka
Mutu Pendidikan Indonesia Terendah di Dunia 
Dukun Cabuli Janda di Tempat Ibadah
Twitter Siap Diakses tanpa Internet

 


Anda sedang membaca artikel tentang

Kecoa Purba Makan Kotoran Dinosaurus

Dengan url

http://teknologiseo.blogspot.com/2013/12/kecoa-purba-makan-kotoran-dinosaurus.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Kecoa Purba Makan Kotoran Dinosaurus

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Kecoa Purba Makan Kotoran Dinosaurus

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger