Risiko Aneh Akibat Tertawa  

Written By Unknown on Rabu, 25 Desember 2013 | 10.44

TEMPO.CO, London - Banyak pihak meyakini bahwa tertawa memberikan manfaat kesehatan. Namun, ternyata tidak selalu demikian. Bagi sebagian orang, tertawa justru bisa bisa membawa dampak serius bagi kesehatan mereka.

Para ilmuwan mengkaji penelitian mengenai dampak tertawa yang dipublikasikan antara 1946 hingga 2013. Mereka menemukan banyak bukti bahwa tertawa memang bagus untuk kesehatan Anda. Contohnya, tertawa terbukti meningkatkan fungsi aliran darah dan menurunkan kekakuan arteri yang merupakan salah satu risiko terjadinya masalah jantung misalnya serangan jantung. Salah satu penelitian menemukan bahwa orang yang mudah tertawa mengalami penurunan risiko penyakit jantung koroner.

Tertawa juga baik untuk ukuran lingkar pinggang Anda. Sebuah penelitian yang dilakukan pada 2006 menunjukkan bahwa 10 hingga 15 menit tertawa alami per hari bisa membakar hingga 40 kalori. Studi lain yang dipublikasikan pada 2011 menunjukkan bahwa tertawa meningkatkan toleransi seseorang atas rasa nyeri, yang menurut penelitinya, terjadi karena dikeluarkannya endorphin.

Namun, dalam kasus yang terbilang jarang, tertawa justru berisiko negatif. Seorang wanita dengan sebuah lubang di dalam jantungnya mengalami stroke setelah tertawa terus-menerus selama tiga menit, demikian diungkapkan seorang peneliti seperti dikutip situs LiveScience edisi 12 Desember 2013.

Selain itu, ditemukan pula beberapa orang yang secara mendadak menghirup benda asing saat mereka berusaha untuk bernapas sambil tertawa. Bahkan, hasil riset lain menunjukkan kalau tertawa bisa mengubah posisi rahang. Seperti juga batuk atau bersin, tertawa ternyata berpotensi menyebarkan penyakit menular, ungkap para peneliti.
"Gelak tawa bukanlah bercanda," kata para peneliti dalam jurnal British Medical Journal (BMJ) spesial edisi Natal 2013.

Meskipun risiko negatif tertawa itu terbilang rendah, para peneliti dari City Hospital Birmingham di Inggris, mengatakan bahwa hasil kajian secara menyeluruh menunjukkan kalau tertawa tidak hanya bermanfaat.

LIVESCIENCE I ARBA'IYAH SATRIANI

Baca juga:
Tim Cook Siapkan Gebrakan Apple pada 2014
Nokia Fokus Kembangkan Game Lokal
Opini Pengembang Lokal tentang Windows Phone
Berapa Cadangan Air di Bawah Greenland?


Anda sedang membaca artikel tentang

Risiko Aneh Akibat Tertawa  

Dengan url

http://teknologiseo.blogspot.com/2013/12/risiko-aneh-akibat-tertawa.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Risiko Aneh Akibat Tertawa  

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Risiko Aneh Akibat Tertawa  

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger