Foto Kucing Jadi Celah Serangan Malware

Written By Unknown on Kamis, 06 Maret 2014 | 10.44

Nona Ning, pemilik Snoopy, sangat terkejut dengan reaksi terhadap foto-foto kucingnya yang dia unggah ke media sosial itu. Snoopy kini memiliki halaman Facebook sendiri, dan puluhan foto di-upload setiap bulannya. dailymail.co.uk

TEMPO.CO, Jakarta - Foto matahari terbenam, kucing, atau gambar lucu lainnya bisa jadi hiburan tersendiri bagi pengunjung internet. Tapi ternyata foto-foto indah itu bisa mengancam privasi Anda. Perusahaan keamanan software Trend Micro menemukan bahwa foto-foto yang Anda sukai itu bisa jadi sarang malware yang berbahaya.

Sebelumnya malware juga dikabarkan bersarang di Google Play Store (baca pula: Kata Bos Google Soal Malware di Android). Bahkan malware dicangkokkan ke aplikasi game Flappy Bird palsu.

Trend Micro menemukan indikasi kehadiran malware bernama Zbot atau terdeteksi dengan nama TSPY_ZBOT.TFZAH. Malware itu akan menyembunyikan file penting saat pengguna internet mengunduh foto-foto tersebut.

"Unduhan file format JPEG dapat mengaktifkan malware itu tanpa disadari pengguna. Kami banyak menemukannya pada foto kucing atau foto-foto yang populer," kata pihak Trend Micro.

Dengan teknik menyembunyikan data yang disebut steganografi, daftar bank dari seluruh dunia akan dipantau secara diam-diam lewat gambar itu. Jika data bank sudah didapat, penyebar Zbot akan dengan mudah mengakses sistemnya untuk mencuri akun kredensial dari bank tersebut.

Trend Micro menjelaskan, teknik steganografi bukanlah hal baru untuk membolol suatu sistem atau penyimpanan data. Tapi, mereka mengklaim semakin lama makin berbahaya. Menurut data, Zbot paling banyak terdeteksi di negara Eropa dan Timur Tengah (baca pula: Perusahaan Indonesia Abaikan Sistem Keamanan IT). Namun, hal ini bisa dicegah dengan software keamanan untuk menangkal malware tersebut.

RINDU P HESTYA | DIGITAL TRENDS

Berita Lain:
Ponsel Pintar Diburu di Mega Bazaar 2014
Virus Beku Berusia 30 Ribu Tahun Dihidupkan Lagi 
SpeedUp SmartWatch Tantang Samsung Galaxy Gear 
Mega Bazaar Consumer Show Digelar di 6 Kota 
Burung Jadi Ancaman Terbesar Pesawat Tempur


Anda sedang membaca artikel tentang

Foto Kucing Jadi Celah Serangan Malware

Dengan url

http://teknologiseo.blogspot.com/2014/03/foto-kucing-jadi-celah-serangan-malware.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Foto Kucing Jadi Celah Serangan Malware

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Foto Kucing Jadi Celah Serangan Malware

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger