Otak Bisa Bedakan Tawa Asli dan Palsu

Written By Unknown on Senin, 24 Maret 2014 | 10.44

TEMPO.COLondon – Hati-hati saat kita memaksakan tertawa atas lelucon yang sebenarnya tidak lucu. Si pembuat lelucon akan menyadari, apakah tawa kita asli atau palsu. Rupanya, otak akan melakukan proses yang berbeda ketika kita mendengar tawa asli dan palsu.

Dilaporkan Daily Mail, Jumat, 21 Maret 2014, dalam sebuah penelitian yang dilakukan ilmuwan dari Universitas Royal Holloway London ditemukan bahwa mendengar tawa dipaksakan akan mengaktifkan bagian otak yang berhubungan dengan pengartian emosi.

"Ini sangat menarik. Otak kita mampu mendeteksi kebahagiaan yang tulus pada orang lain," kata Dr Carolyn McGettigan, peneliti utama studi yang dibuat dalam rangka memperingati Hari Kebahagiaan Internasional itu.

Dalam penelitiannya, McGettigan mengukur respons otak terhadap sejumlah relawan dengan memutarkan sejumlah video acara komedi. Memang, di acara komedi, banyak adegan yang sebenarnya tak lucu tapi dianggap lucu, meski tak jarang beberapa komedi memang benar-benar mengundang tawa yang tulus.

Dengan pindai otak, peneliti bisa melihat adanya stimulasi yang berbeda pada otak saat seseorang mendengar tawa asli yang tulus dan tawa palsu yang dipalsukan.  McGettigan menuturkan, perbedaan stimulasi otak ini terjadi di bagian otak yang mengontrol gerakan dan mendeteksi sensasi.

ANINGTIAS JATMIKA | DAILY MAIL

Terpopuler
Iklan Samsung Sindir Apple, Microsoft, dan Amazon 
TE Connectivity Kembangkan Teknologi Pendidikan 
Ulang Tahun, Twitter Ajak Pengguna Bernostalgia 
Padam 7 Jam, Jaringan Internet Suriah Diretas?


Anda sedang membaca artikel tentang

Otak Bisa Bedakan Tawa Asli dan Palsu

Dengan url

http://teknologiseo.blogspot.com/2014/03/otak-bisa-bedakan-tawa-asli-dan-palsu_24.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Otak Bisa Bedakan Tawa Asli dan Palsu

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Otak Bisa Bedakan Tawa Asli dan Palsu

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger