5 Bulan Planet Pluto Ancaman Bagi Pesawat NASA

Written By Unknown on Jumat, 19 Oktober 2012 | 10.44

Jum''at, 19 Oktober 2012 | 09:40 WIB

TEMPO.CO, Jakarta -Bulan yang baru ditemukan di sekitar planet Pluto kemungkinan menimbulkan bahaya bagi pesawat ruang angkasa NASA, New Horizons yang sedang melakukan perjalanan ke planet kerdil itu. Pesawat ruang angkasa ini sudah melakukan perjalanannya selama 7 dari 9 tahun dan sudah melewati setengah dari perjalanan di seluruh tata surya untuk mengeksplorasi Pluto.

Para astronom telah menemukan 2 satelit bulan di angkasa es itu. Ini menimbulkan resiko bahwa puing-puing berbahaya itu dapat mengorbit di sekitar Pluto. "Kami menemukan banyak bulan di sekitar orbit Pluto. Jumlahnya hingga kini ada lima," ujar ilmuwan utama pada misi New Horizons.

Bulan planet Pluto bernama Charon, Hydra, Nix, S/2011 P 1 dan PS/2012 1. Bulan Charon ditemukan tahun 1978 sementara Hydra dan Nix ditemukan pada 2005 lalu. Sedangkan S/2011 P 1 dan P S/2012 terlihat oleh Teleskop Hubble pada 2011.

"Pesawat ruang angkasa kita bepergian begitu cepat, lebih dari 30 ribu mil per jam. Tabrakan dengan kerikil tunggal atau bahkan partikel kecil berukuran milimeter, bisa melumpuhkan dan menghancurkan New Horizons," ujar ilmuwan Hal Weaver dari ohns Hopkins University Applied Physics Laboratory, Maryland. Pesawat ruang angkasa itu perlu menghindari tiap zona puing-puing di sekitar Pluto.

Para ilmuwan tersebut menggunakan simulasi komputer, teleskop berbasis darat dan teleskop ruang angkasa Hubble untuk memetakan puing-puing di sekitar orbit Pluto. Pada saat yang sama, mereka juga mencari jalur alternatif dalam sistem Pluto ini.

New Horizons diluncurkan pada 19 Januari 2006 lalu di atas roket Atlas dari Cape Canaveral Air Force Station di Florida. Misi ini akan berakhir pada titik terdekat dengan Pluto yang direncanakan pada 14 Juli 2015. Ini adalah eksplorasi pertama kalinya dari sebuah planet di Sabuk Kuiper, yaitu ruang di luar Neptunus yang banyak meninggalkan butir es dari formasi tata surya.

BBC | ISMI WAHID

Berita Terpopuler
Bulan Diduga Bagian Bumi yang Terlepas
Google Siap Beri Kejutan pada 29 Oktober
Acer Perkenalkan Tablet Iconia 7 Inci
Benarkah Senyum Manusia Berasal dari Ikan Purba?
De Castro Gantikan Barrett di Yahoo
Twitter Blokir Akun Pro-Nazi


Anda sedang membaca artikel tentang

5 Bulan Planet Pluto Ancaman Bagi Pesawat NASA

Dengan url

http://teknologiseo.blogspot.com/2012/10/5-bulan-planet-pluto-ancaman-bagi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

5 Bulan Planet Pluto Ancaman Bagi Pesawat NASA

namun jangan lupa untuk meletakkan link

5 Bulan Planet Pluto Ancaman Bagi Pesawat NASA

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger