Suara Ikan Paus Beluga Mirip Manusia

Written By Unknown on Selasa, 23 Oktober 2012 | 10.44

Selasa, 23 Oktober 2012 | 08:57 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Para peneliti Amerika Serikat menemukan ikan paus Beluga memiliki vokalisasi suara yang sangat dekat dengan suara manusia. Mereka mendengar paus berumur 9 tahun bernama NOC itu membuat suara berfrekuensi satu oktaf di bawah normal. Sedangkan lumba-lumba telah diajari meniru pola dan durasi suara manusia. Nyatanya, hewan cerdas ini tak menirunya spontan secepat proses mimikri.

"Pengamatan kami menunjukkan bahwa paus harus memodifikasi teknik vokal untuk membuat suaranya seperti manusia," ujar Sam Ridgway, Presiden National Marine Mammal Foundation dan penulis utama penelitian ini. Selain itu, paus sering mendengar penyelam berbicara dengan peralatan komunikasi bawah air.

Para peneliti ini mengidentifikasi NOC lalu membuat rekaman perilakunya. Mereka menemukan semburan vokal rata-rata yang diucapkan NOC sekitar tiga kali per detik. Analisis rekaman menunjukkan bahwa frekuensi suara paus ini membentuk harmonisasi yang tak biasa dibandingkan dengan vokalisasi paus normal. Dan yang lebih mengejutkan lagi, frekuensi suara yang dihasilkan ini malah mirip dengan suara manusia.

Lalu, NOC diajari mengenal suara supaya paus ini patuh pada perintah. Juga memasang transduser di dalam rongga hidung untuk memantau apa yang terjadi. Para peneliti ini menemukan bahwa paus dapat dengan cepat mengubah tekanan dalam rongga hidung untuk menghasilkan suara.

Menurut Ridgway, NOC berhenti membuat suara seperti manusia setelah usia 4 tahun. Ada beberapa kemungkinan mengapa NOC berhenti melakukan mimikri suara manusia saat masih muda. Perubahan hormonal yang berhubungan dengan kematangan seksual dapat mengurangi keinginan paus untuk meniru suara manusia itu. Alasan lain yang mungkin adalah kebaruan membuat keinginan NOC untuk meniru suara manusia menjadi pudar.

BBC | DISCOVERY NEWS | ISMI WAHID

Berita Lain:
Katy Perry dan John Mayer Pesta Kostum Drakula
Ini Peran Kesukaan Titi Qadarsih
Javier Bardem Menjadi Musuh James Bond
Yang Diharapkan Ada di iPad Mini
Wall Street Positif di Akhir Perdagangan


Anda sedang membaca artikel tentang

Suara Ikan Paus Beluga Mirip Manusia

Dengan url

http://teknologiseo.blogspot.com/2012/10/suara-ikan-paus-beluga-mirip-manusia.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Suara Ikan Paus Beluga Mirip Manusia

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Suara Ikan Paus Beluga Mirip Manusia

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger