Begini Cara Embrio Hiu Bambu Hindari Predator

Written By Unknown on Sabtu, 12 Januari 2013 | 10.44

Sabtu, 12 Januari 2013 | 05:27 WIB

TEMPO.CO , Perth: Embrio hiu bambu akan berubah menjadi diam untuk menghindari predator. Peneliti Australia menemukan bahwa embrio hiu bisa mengidentifikasi medan listrik simulasi predator yang berada di dekatnya. Meskipun terbatas pada kasus telur kecil.

Ketika merasakan bahaya, embrio tersebut berubah jadi beku dan untuk sementara berhenti bernafas untuk menghindari deteksi si predator. Hiu menggunakan jelly yang mengisi pori-pori di kepala mereka yang disebut dengan electroreceptors untuk mengenali hewan lain.

Reseptor ini sangat sensitif sehingga memungkinkan hiu untuk mencari mangsa, predator atau calon pasangan. Penelitian oleh para ilmuwan dari Universitas Western Australia menunjukkan bahwa embrio hiu bambu Brownbanded (Chiloscyllium punctatum) dapat menggunakan metode yang sama untuk mendeteksi predator.

"Embrio hiu mampu mengenali rangsangan berbahaya dan bereaksi dengan respon penghindaran," kata Ryan Kempster, ahli biologi hiu sekaligus anggota tim peneliti. Temuan tim ini telah diterbitkan dalam jurnal PLoS ONE.

Hiu bambu Brownbanded tumbuh hingga 1,2 meter dan ditemukan di wilayah Indo-Pasifik Barat serta wilayah pesisir utara Australia dan selatan New Guinea. Embrio dari beberapa spesies hiu disimpan dalam bungkusan telur kasar yang kemudian berkembang secara mandiri jauh dari induk. Ini membuat embrio sangat rentan terhadap predator seperti hiu lain dan mamalia laut.

"Ini penelitian pertama yang menunjukkan kemampuan embrio ikan hiu untuk mendeteksi dan menyembunyikan keberadaannya dari predator," kata Kempster.

Dengan simulasi medan listrik yang dilepaskan oleh predator dalam tangki uji berisi air, tim menemukan bahwa embrio hiu merespon dengan menghentikan pergerakan insang dan berada dalam keadaan diam. Jika embrio terus terpapar medan listrik ketika mereka membutuhkan napas, mereka akan melakukannya pada tingkatan yang berkurang dari gerakan insang. Mereka menunjukkan sikap bersembunyi dari predator.

BBC | ISMI WAHID


Anda sedang membaca artikel tentang

Begini Cara Embrio Hiu Bambu Hindari Predator

Dengan url

http://teknologiseo.blogspot.com/2013/01/begini-cara-embrio-hiu-bambu-hindari.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Begini Cara Embrio Hiu Bambu Hindari Predator

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Begini Cara Embrio Hiu Bambu Hindari Predator

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger