Kayu Jadi Tempat Hidup Makhluk Aneh di Laut

Written By Unknown on Minggu, 13 Januari 2013 | 10.44

Minggu, 13 Januari 2013 | 05:25 WIB

TEMPO.CO , Bremen, Jerman: Sebuah studi baru menemukan bahwa kayu yang tersebar di seluruh lautan di dunia ternyata menyediakan oasis bagi mikroba dan hewan kecil lainnya. Potongan kayu bersama dengan bahan organik lain, seperti paus mati, dapat bertindak sebagai tempat hidup berbagai makhluk aneh.

Dalam penelitian terbaru, Christina Bienhold, peneliti dari Germany's Max Planck Institute untuk Mikrobiologi Laut bersama tim menempatkan log kayu di dasar Laut Mediterania timur. Mereka menemukan berbagai jenis kehidupan bermunculan pada log kayu tersebut dalam waktu hanya satu tahun.

"Namun berbagai organisme berhasil terokalisasi, menetap, tumbuh, dan berkembang biak pada kayu eksperimen kami," ujar Bienhold. Hasil penelitian yang diterbitkan awal bulan ini dalam jurnal PLoS ONE sangat mengejutkan karena daerah ini merupakan salah satu tempat paling miskin makanan di lautan dunia.

Spesies baru yang ditemukan adalah cacing air yang memakan invertebrata kecil. Peneliti lain menganalisis berbagai jenis cacing laut ditemukan di dekat kayu. Makhluk ini erat kaitannya dengan fireworm yang dikenal karena sengatan jahatnya.

Hewan lain yang ditemukan dalam log kayu adalah moluska yang muncul dalam jumlah besar. Makhluk ini mulai mengebor lubang dan memecah kayu. Tim juga menemukan bahwa dengan mencerna kayu, hewan-hewan ini menghasilkan nutrisi yang berbeda, termasuk mikroba yang biasanya tinggal di dekat ventilasi hidrotermal.

Ventilasi hidrotermal dan rembesan dingin, di mana metana dan gas lainnya keluar dari dasar laut, ditemukan sekitar 30 tahun yang lalu bersama dengan sejumlah makhluk aneh yang hidup dalam lingkungan ekstrim. Sejak itu, para ilmuwan terus berpikir bagaimana hewan berevolusi dan adaptasi pada oasis yang terisolasi itu.

Craig Smith, peneliti di Universitas Hawaii di Manoa yang tidak terlibat dalam penelitian ini menemukan bahwa bangkai ikan paus digunakan oleh organisme yang disebut chemoautotrophic. Organisme tersebut bertahan dengan memecah bahan kimia seperti sulfida dan metana. Studi ini, menurut dia, juga menunjukkan bahwa kayu digunakan sebagai tempat hidup bagi makhluk yang sama.

LIVE SCIENCE | ISMI WAHID


Anda sedang membaca artikel tentang

Kayu Jadi Tempat Hidup Makhluk Aneh di Laut

Dengan url

http://teknologiseo.blogspot.com/2013/01/kayu-jadi-tempat-hidup-makhluk-aneh-di.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Kayu Jadi Tempat Hidup Makhluk Aneh di Laut

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Kayu Jadi Tempat Hidup Makhluk Aneh di Laut

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger