Orang Bermata Cokelat Lebih Terpercaya?

Written By Unknown on Senin, 14 Januari 2013 | 10.44

Senin, 14 Januari 2013 | 04:05 WIB

TEMPO.CO, Praha--Banyak orang menganggap mata biru lebih menawan dibanding warna mata lainnya. Tapi untuk urusan siapa yang paling dapat dipercaya, orang dengan mata berwarna cokelatlah pilihannya. Tim, tim ilmuwan dari Charles University di Praha, Cek, melakukan riset untuk mengetahui mengapa orang bermata coklat lebih dipercaya.

Hasil riset mereka menunjukkan bahwa kuncinya terletak pada karakteristik wajah, bukan warna mata. Beberapa relawan yang dimintai pendapatnya tetap mempercayai pria bermata coklat dalam foto, yang warna matanya telah diubah menjadi biru. "Mereka sama-sama dapat dipercaya," ujar tim yang dipimpin Karel Kleisner .

Temuan yang dipublikasikan dalam jurnal Public Library of Science ONE, 11 Januari 2013 itu menunjukkan orang-orang dengan warna mata cokelat memiliki karateristik wajah yang berbeda dengan pemilik warna mata lainnya.

Pria bermata cokelat, misalnya, cenderung memiliki wajah bulat dengan dagu yang luas. Mulutnya cenderung lebar dengan sudut melengkung ke atas. Ukuran matanya lebih besar dan alis yang lebih dekat satu sama lain. Para ahli menilai karakteristik ini lebih maskulin dan karena itu lebih dapat dipercaya.

Sebaliknya, pria dengan mata biru memiliki karakteristik wajah yang membuat mereka terlihat lebih licik. Antara lain, mata yang kecil dan mulut sempit dengan sudut mengarah ke bawah.

Ciri yang sama juga berlaku pada perempuan. Pemilik mata cokelat dinilai lebih dapat dipercaya dibanding perempuan bermata biru. Namun perbedaan fitur wajah keduanya tidak setajam seperti yang dijumpai pada pria.

"Persepsi tentang kepercayaan lebih berkaitan dengan fitur wajah yang berhubungan dengan mata cokelat," kata tim peneliti.

Temuan ini memicu munculnya pertanyaan tentang mengapa orang bermata biru sangat umum dijumpai di Eropa Utara. Padahal berdasarkan analisis fitur wajah mereka dinilai sebagai sosok yang merugikan akibat penampilan yang kurang jujur ​​dan tidak bisa diandalkan.

"Bisa jadi karena warna cerah dan menarik pada pemilik mata biru lebih menarik perhatian secara seksual," kata peneliti. Ini bisa menambal kekurangan mereka dari sisi fitur wajah. Simak berita iptek lainnya di tempo.co.

TELEGRAPH | MAHARDIKA SATRIA HADI


Anda sedang membaca artikel tentang

Orang Bermata Cokelat Lebih Terpercaya?

Dengan url

http://teknologiseo.blogspot.com/2013/01/orang-bermata-cokelat-lebih-terpercaya.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Orang Bermata Cokelat Lebih Terpercaya?

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Orang Bermata Cokelat Lebih Terpercaya?

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger