Makhluk Laut Aneh Bertentakel Ditemukan  

Written By Unknown on Sabtu, 19 Januari 2013 | 10.44

Sabtu, 19 Januari 2013 | 04:53 WIB

TEMPO.CO, Jakarta--Para ilmuwan telah menjelaskan makhluk laut aneh bertentakel yang hidup 520 juta tahun lalu. Mereka berpikir bahwa Cotyledion tylodes, makhluk laut aneh ini kemungkinan adalah kelompok ubur-ubur. Namun, bukti anatomi baru dari sisa-sisa fosil binatang itu menunjukkan anggota awal kelompok organisme laut kecil yang disebut entoprocts.

Temuan ini diterbitkkan dalam jurnal Scientific Reports. Hasil penelitian menunjukkan bahwa entoprocts muncul lebih awal daripada yang diperkirakan sebelumnya. Entoprocts adalah organisme kecil yang memakan dengan cara menegangkan partikel makanan dari air.

Para ilmuwan menganalisis ratusan fosil Cotyledion tylodes diawetkan di Chengjiang, propinsi Yunnan, Cina. Fosilini berasal dari periode geologi Cambrian (545-495 juta tahun yang lalu).

Beberapa karakteristik anatomi Cotyledion tylodes dibandingkan dengan entoprocts modern adalah terutama kehadiran usus berbentuk U dengan mulut dan anus yang dikelilingi oleh mahkota tentakel. "Ini pertamakalinya mengkonfirmasi bahwa Cotyledion tylodes memiliki usus berbentuk U yang ditampung dalam rongga kelopak," kata Zhifei Zhang peneliti dari Universitas Northwest, Xian, Cina.

Makhluk aneh ini juga tampak memiliki tubuh berbentuk piala dengan rongga cangkir ke atas dan tangkai memanjang lebih rendah. Cotyledion tylodes lebih besar dari entoprocts modern. Makhluk aneh ini berukuran antara 8 mm dengan tinggi 56 mm. Tubuhnya ditutupi struktur keras pada bagian eksternal yang disebut sclerites dan tidak ditemukan pada entoprocts modern. Simak berita iptek lainnya.

BBC | ISMI WAHID


Anda sedang membaca artikel tentang

Makhluk Laut Aneh Bertentakel Ditemukan  

Dengan url

http://teknologiseo.blogspot.com/2013/01/makhluk-laut-aneh-bertentakel-ditemukan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Makhluk Laut Aneh Bertentakel Ditemukan  

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Makhluk Laut Aneh Bertentakel Ditemukan  

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger