Ditemukan Fosil Kepiting Laba-Laba Kuno  

Written By Unknown on Rabu, 06 Februari 2013 | 10.44

Rabu, 06 Februari 2013 | 08:06 WIB

TEMPO.CO, Florida - Sekelompok peneliti menemukan sisa dari delapan spesies baru udang-udangan termasuk kepiting laba-laba (spider crabs) tertua yang diketahui hidup 100 juta tahun lalu. Penemuan fosil ini berada di Spanyol utara. Fosil tersebut ditemukan di tambang Koskobilo.

Kedua jenis kepiting laba-laba tua bernama Cretamaja granulata dan Koskobilius postangustus ternyata jauh lebih tua dari penemuan sebelumnya. "Sebelumnya, diyakni ada ditemukan di Perancis. Ternyata umurnya beberapa juta tahun lebih muda," kata penulis studi Adil Klompmake dari Universitas Florida.

Cretamaja granulatawas memiliki panjang tubuh sekitar 15 mm dan menunjukkan ciri khas kepiting laba-laba. Memiliki carapace yang berbentuk mirip buah pir.

Karang yang mereka temukan tampaknya menghilang setelah tak ada makhluk hidup disana. "Sesuatu pasti telah terjadi dalam lingkungan sehingga menyebabkan terumbu di wilayah itu menghilang. Saat itu mungkin banyak dekapoda yang hidup di terumbu karang," kata Klompmaker. Temuannya akan dirilis secara detail pada jurnal Cretaceous Research.

Klompmaker bekerjasama dengan tim peneliti dari Amerika Serikat, Belanda dan Spanyol. Mereka mengumpulkan fosil di tambang Koskobilo pada tahun 2008, 2009 dan 2010. "Kami pergi ke sana pada tahun 2008 dan dalam 2 jam pertama menemukan dua spesies baru," kata Klompmaker dalam sebuh pernyataan.

Dengan temuan baru tersebut, sekitar 36 spesies dekapoda berada di wilayah tambang tersebut. Ini berarti menjadi salah satu daerah yang paling beragam untuk dekapoda selama periode Cretaceous (145 juta sampai 66 juta tahun yang lalu). Para peneliti juga menemukan dekapoda kuno yang lebih beragam dan telah hidup dalam terumbu. "Salah satu hasil utama dari penelitian ini adalah bahwa krustasea berkaki sepuluh benar-benar melimpah di terumbu ini pada masa Cretaceous," kata Klompmaker.

LIVE SCIENCE | ISMI WAHID

Berita Lain:
Mahasiswa Yogyakarta Kenalkan Robot ke Siswa SD
Bagaimana Astronot Cuci Tangan di Luar Angkasa? 
Jawbone Akuisisi Dua Perusahaan
Samsung Anggarkan Dana Inovasi  


Anda sedang membaca artikel tentang

Ditemukan Fosil Kepiting Laba-Laba Kuno  

Dengan url

http://teknologiseo.blogspot.com/2013/02/ditemukan-fosil-kepiting-laba-laba-kuno.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ditemukan Fosil Kepiting Laba-Laba Kuno  

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ditemukan Fosil Kepiting Laba-Laba Kuno  

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger