Benarkah Ekowisata Merugikan Satwa Liar?

Written By Unknown on Kamis, 21 Maret 2013 | 10.44

Kamis, 21 Maret 2013 | 06:09 WIB

TEMPO.CO, Florida--Wisatawan secara dramatis telah mengubah perilaku liar ikan pari. Peneliti menemukan hewan laut di Stingray City, kepulauan Cayman yang menunjukkan perilaku amat berbeda dibandingkan dengan rekan-rekannya yang masih liar.

Mereka mengatakan masuknya sejumlah turis lebih dari satu juta orang per tahun telah membuat hewan laut ini malas, agresif saat musim kawin dan mau berada dekat dengan ikan pari yang lainnya. Ini memunculkan pertanyaan baru tentang masa depan ekowisata.

Studi ini adalah penelitian yang pertama kali melihat bagaimana ekowisata telah mengubah perilaku ikan pari. "Yang terpenting adalah mengukur dampak ekowisata interaktif ini. Kami mengerti sejarah kehidupan hewan yang terlibat dan kami melihat bagaimana mereka kemudian berubah perilaku," kata Mahmood Shivji dari Guy Harvey Research Institute, pemimpin penelitian ini.

Para peneliti menemukan bahwa ikan pari di Stingray City menunjukkan pola yang berbeda dari aktibitas rekan-rekan mereka yang masih liar. Ikan pari liar liar ini tidak cukup terbiasa menemukan makanan dengan mudah maupun kontak sangat dekat dengan manusia.

Ikan pari liar sangat aktif di malam hari. Hidupnya soliter dan bahkan mereka mencari makanan pada malam hari melalui wilayah yang cukup untuk menemukan makanan. Mereka sangat jarang bersilangan dengan ikan pari yang lainnya.

Untuk melihat apakah Stingray City berdampak pada perilaku hewan laut ini, tim peneliti menandai dan memonitor ikan pari liar dan pola makan serta pola gerakannya selama dua tahun. Mereka menemukan bahwa ikan pari jinak ini akan bertukar perilaku. Mereka justru mencari makan pada siang hari dan malamnya digunakan untuk istirahat. Bahkan mereka berkerumun bersama-sama dalam jarak yang berdekatan satu sama lain.

Ikan pari jinak ini bisa hamil sepanjang tahun dan bukan lagi selama musim kawin yang spesifik. Mereka juga menunjukkan tanda-tanda agresif yang tidak biasa seperti saling menggigit lebih sering daripada rekan-rekan liar mereka. Simak berita iptek lainnya di sini.

DAILY MAIL | ISMI WAHID

Baca juga:
Ini Sebab Ayam Jantan Selalu Berkokok Saat Fajar
Lempeng Tektonik yang Hilang Berada di California
Siklus Kehidupan Kupu-kupu dengan Sinar X
Mengungkap Dunia Tersembunyi di Bawah Laut

Topik Terhangat: Krisis Bawang || Hercules Rozario || Harta Djoko Susilo|| Nasib Anas


Anda sedang membaca artikel tentang

Benarkah Ekowisata Merugikan Satwa Liar?

Dengan url

http://teknologiseo.blogspot.com/2013/03/benarkah-ekowisata-merugikan-satwa-liar.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Benarkah Ekowisata Merugikan Satwa Liar?

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Benarkah Ekowisata Merugikan Satwa Liar?

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger