Kerangka Paus Unik Ditemukan di Dasar Laut

Written By Unknown on Rabu, 20 Maret 2013 | 10.44

Ikan Paus yang sudah mati yang terdampar di pantai muara gembong pekan lalu, di Pulau Kotok, kepulauan seribu, Jakarta, (31/01). Paus yang yang sudah mati beberapa pekan lalu akan di tenggelamkan guna untuk penelitian setelah menjadi kerangka. TEMPO/Dasril Roszandi

Rabu, 20 Maret 2013 | 06:28 WIB

TEMPO.CO, Southampton--Ahli biologi kelautan telah menemukan kerangka ikan paus di dasar laut dekat Antartika untuk pertama kalinya. Tak hanya itu, ia bahkan tercengang dengan menemukan 9 spesies baru yang hidup disana.

Penemuan ini dibuat hampir satu mil di bawah permukaan kawah bawah laut oleh tim yang dipimpin ilmuwan dari University of Southampton. "Planet hewan terbesar ini juga bagian dari ekologi laut yang sangat dalam menyediakan habitat yang kaya makanan dan tempat tinggal bagi hewan laut selama bertahun-tahun," kata Diva Amon, penulis utama dari University of Southampton dan Natural History Museum.

Meneliti sisa-sisa ikan paus minke selatan ternyata memberikan wawasan tentang bagaimana nutrisi didaur ulang di laut yang mungkin menjadi proses penting secara global di lautan. Di seluruh dunia hanya ada 6 kerangka paus alami yang pernah ditemukan di dasar laut.

Meskipun populasi besar ikan paus ada di Antartika, paus tumbang belum diteliti di daerah ini sampai sekarang. "Saat ini, satu-satunya cara untuk menemukan paus tumbang adalah menavigasi secara tepat dengan kendaraan bawah air," kata rekan penulis Dr Jon Copley.

Ketika ikan paus mati dan tenggelam di dasar laut, ikan pemulung dengan cepat akan menelanjangi dagingnya. Seiring waktu, organisme lain kemudian akan menjajah kkerangka dan secara bertahap akan memakan nutrisi yang tersisa. Bakteri akan memecah lemak yang tersimpan dalam tulang ikan paus misalnya. Pada gilirannya, semua bagian tubuh paus menyediakan makanan bagi kehidupan laut lainnya.

Hewan lain yang umum dikenal sebagai cacing zombie juga dapat mencerna tulang paus. "Salah satu misteri yang tersisia dalam biologi laut adalah bagaimana invertebrata kecil dapat menyebar dalam habitat yang terisolasi di sekitar bangkai paus," kata Dr Adrian Glover dari Natural History Museum.

Tim survei kerangka paus menggunakan kamera definisi tinggi untuk memeriksa hewan laut yang hidup pada tulang ikan paus. Sampel diambil dan kemudian dilakukan analisis di darat.

Sampel yang telah diteliti tersebut mengungkapkan spesies baru beberapa makhluk laut yang hidup pada sisa-sisa bangkai ikan paus itu. Termasuk cacing zombie yang dikenal sebagai Osedax yang menggali ke dalam tulang. Ada juga spesies baru isopod Crustacea yang bentuknya mirip dengan kutu kayu. Hewan ini merangkak diatas kerangka. Cek berita iptek lainnya di sini.

DAILY MAIL | ISMI WAHID

Baca juga:
Gempa Bumi Bisa Memunculkan Mineral Emas
Cyrus Apel HSPA+ Usung Kamera 8MP
Partikel Tuhan Mampu Jelaskan Asal Mula Bumi
Menghidupkan Katak yang Sudah Mati

Topik Terhangat:
Hercules Rozario || Krisis Bawang || Harta Djoko Susilo || Nasib Anas


Anda sedang membaca artikel tentang

Kerangka Paus Unik Ditemukan di Dasar Laut

Dengan url

http://teknologiseo.blogspot.com/2013/03/kerangka-paus-unik-ditemukan-di-dasar.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Kerangka Paus Unik Ditemukan di Dasar Laut

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Kerangka Paus Unik Ditemukan di Dasar Laut

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger