Curiosity NASA Indikasikan Ada Air di Mars

Written By Unknown on Kamis, 14 Maret 2013 | 10.44

Kamis, 14 Maret 2013 | 03:18 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - NASA telah melaporkan bahwa Curiosity rover membuat penemuan yang signifikan di planet Mars. Robot tersebut telah mengebor sebuah batu yang mengandung mineral lempung. Mineral ini mengindikasikan pembentukan atau perubahan yang signifikan oleh air netral.

Para ilmuwan mengatakan penemuan ini adalah satu langkah lebih yang menunjukkan kondisi planet Merah di masa lalu bisa mendukung kehidupan. Mengidentifikasi tanah liat setidaknya menunjukkan ada beberapa lokasi pada lingkungan planet yang menguntungkan miliaran tahun lalu. "Kami telah menemukan lingkungan layak huni dan ramah jika air tersebut betul-betul ditemukan," kata John Grotzinger, ilmuwan proyek Curiosity.

Robot Curiosity mengebor batu lumpur ketika mengeksplorasi kawah Gale pada wilayah ekuator Mars. Sampel batuan tersebut mengandung 20-30 persen smektit yaitu kelompok tertentu dari mineral tanah liat. Kelimpahan yang tinggi dan relatif sedikit garam adalah dugaan terkuat ditemukannya lingkungan air tawar pada formasi batu lempung.

Adanya kalsium sulfat dibandingkan magnesium sulfat atau besi yang terlihat pada analisis batuan sebelumnya di lokasi lain, menambah bukti bahwa sampel batu dari kawah Gale terendap dalam lingkungan pH netral hingga sedikit basa. Para ilmuwan berpikir bahwa Curiosity mengebor batuan di dasar danau purba.

Analisis lebih lanjut juga mengidentifikasi sulfur, nitrogen, hidrogen, oksigen, fosfor dan karbon yaitu beberapa elemen kimia kunci untuk kehidupan. Selain itu, mereka menemukan senyawa dalam berbagai keadaan teroksidasi. Ini berarti ada elektro yang bergerak melalui lingkungan. Ini bisa saja dipilih sebagai sumber energi oleh bentuk-bentuk kehidupan sederhana kalau saja mereka pernah hidup di kawah Gale.

"Apa yang telah kami pelajari dalam 20 tahun terakhir bahwa organisme yang sangat primirif dapat memperoleh energi hanya dengan makan batu," jelas Profesor Grotzinger.

BBC | ISMI WAHID

Berita terpopuler lainnya:
Bambang Soesatyo Ungkap Pertemuan dengan Djoko
Di Madiun, Harta Djoko Susilo Senilai Rp 15 Miliar
Barcelona Balas Milan Dua Kali Lipat
Ikut Demo, Sutiyoso Curhat 
Yudhoyono Larang Ketua Demokrat Maju Pilpres
Kemenkeu: Anggaran Simulator Bagian APBN


Anda sedang membaca artikel tentang

Curiosity NASA Indikasikan Ada Air di Mars

Dengan url

http://teknologiseo.blogspot.com/2013/03/curiosity-nasa-indikasikan-ada-air-di.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Curiosity NASA Indikasikan Ada Air di Mars

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Curiosity NASA Indikasikan Ada Air di Mars

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger