Jepang Klaim Temukan Energi Alternatif Gas Alam

Written By Unknown on Kamis, 14 Maret 2013 | 10.44

Kamis, 14 Maret 2013 | 04:18 WIB

TEMPO.CO, Tokyo - Jepang mengklaim telah berhasil mengekstrak gas alam dari hidrat metana beku di lepas pantai. Ini adalah proses pertama di dunia. Hidrat metana atau clathrates adalah jenis molukel beku dari metana dan air.

Ladang gas yang digunakan adalah sekitar 50 kilometer dari pulau utama Jepang yaitu di palung Nankai. Para peneliti mengatakan ekstraksi gas ini bisa menyediakan sumber energi alternatif bagi Jepang. Negara-negara lain, termasuk Kanada, Amerika Serikat dan Cina juga mencari cara untuk memanfaatkan hidrat metana ini.

Percobaan percontohan dalam beberapa tahun terakhir, menggunakan hidrat metana yang ditemukan di bawah lapisan es, telah menunjukkan bahwa metana dapat diekstraksi dari endapan itu.

Endapan lepas pantai menyajikan sumber potensi besar metana. Namun juga mengkhawatirkan lingkungan karena geologi bawah air yang mengandung bahan itu tampaknya tidak stabil di beberapa tempat.

"Ini adalah percobaan pertama lepas pantai di dunia untuk memproduksi gas dari hidrat metana," kata seorang pejabat dari kementerian ekonomi, perdagangan dan industri Jepang seperti dilansir oleh kantor berita AFP.

Para teknisi menggunakan metode depressurisation yang mengubah hidrat metana menjadi gas metana. Tes produksi diperkirakan akan terus berlanjut selama dua pekan kedepan.

Para pejabat pemerintah mengatakan bahwa mereka membangun teknologi hidrat metana untuk penggunaan energi praktis dalam waktu lima tahun. Sebuah penelitian di Jepang memperkirakan bahwa setidaknya 1,1tn meter kubik hidrat metana mengendap di lepas pantai. Ini setara dengan lebih dari konsumsi gas Jepang selama satu dekade.

Jepang memiliki beberapa sumber daya alam. Biaya bahan bakar yang diimpor telah meningkat setelah reaksi tenaga nuklir akibat bencana di Fukushima dua tahun lalu.

BBC | ISMI WAHID

Berita terpopuler lainnya:
Bambang Soesatyo Ungkap Pertemuan dengan Djoko
Barcelona Balas Milan Dua Kali Lipat
Ikut Demo, Sutiyoso Curhat 
Yudhoyono Larang Ketua Demokrat Maju Pilpres
Prabowo: Negara Ini Sedang Sakit 
Kemenkeu: Anggaran Simulator Bagian APBN


Anda sedang membaca artikel tentang

Jepang Klaim Temukan Energi Alternatif Gas Alam

Dengan url

http://teknologiseo.blogspot.com/2013/03/jepang-klaim-temukan-energi-alternatif.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Jepang Klaim Temukan Energi Alternatif Gas Alam

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Jepang Klaim Temukan Energi Alternatif Gas Alam

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger