Gempa Jepang Terdengar Hingga Angkasa

Written By Unknown on Selasa, 12 Maret 2013 | 10.44

Sejumlah warga menerjang hujan salju untuk menggapai lokasi rumah mereka yang telah luluh-lantah oleh gempa dan tsunami yang menghantam Sendai, Miyagi, Jepang (16/3). Warga kembali untuk mencari peralatan rumah tangga yang masih layak pakai. AP/Kyodo News

Senin, 11 Maret 2013 | 18:44 WIB

TEMPO.CO, Jakarta -  Tepat hari ini dua tahun lalu pada 11 maret 2011, gempa besar melanda Jepang. Para ilmuwan mengatakan gempa itu berkekuatan 9,0 Skala Richter. Saking besarnya kekuatannya, gempa itu bahkan terdengar hingga ruang angkasa.

Menurut ilmuwan, getaran gelombang gempa yang menimbulkan tsunami setinggi empat meter itu menerobos atmosfer dan tertangkap satelit Goce. Instrumentasi super sensitif ini dapat mendeteksi gangguan yang merambat melalui udara tipis dalam jarak 255 kilometer dari bumi.

Sudah lama diketahui bahwa gempa besar akan menghasilkan gelombang akustik berfrekuensi rendah atau infrasound, sebuah tipe gemuruh pada frekuensi di bawah yang bisa ditangkap telinga manusia. Tetapi tidak ada pesawat antariksa di orbit itu yang memiliki kemampuan untuk merekamnya, hingga saat ini.

"Kami mencari sinyal ini sebelumnya dengan satelit-satelit lain dan belum menemukannya, saya rasa dibutuhkan instrumen yang luar biasa canggih," kata Rune Floberghagen dari Badan Antariksa Eropa (ESA), sebagaimana dilansir dari situs BBC.

Tapi satelit Goce mampu menangkap gelombang itu. "Akselerometer Goce 100 kali lebih sensitif dari instrumentasi lainnya dan kami mendeteksi gelombang akustik bukan sekali tapi dua kali, yang ditangkap dari Pasifik dan Eropa," kata manajer misi Goce. Hasil observasi ini diterbitkan di jurnal Geophysical Research Letters.

Goce adalah satelit yang bertugas memetakan perbedaan sangat halus dalam tarikan gaya gravitasi di sepanjang permukaan bumi akibat distribusi massa yang tidak merata di bumi. Satelit ini akan mengakhiri misi dan kembali ke bumi pada November 2013 mendatang.

BBC | AMIRULLAH

Berita Terpopuler:
Begini Cara Jokowi Lepaskan Diri dari Hercules
Hercules Ditangkap, Premanisme Masih Tinggi
Rustriningsih Ditolak PDIP Karena Tak Santun Berpolitik 
Wawancarai Aher, Sejumlah Wartawan Dipukul Petugas
Nama Anas Terseret dalam Kasus Simulator


Anda sedang membaca artikel tentang

Gempa Jepang Terdengar Hingga Angkasa

Dengan url

http://teknologiseo.blogspot.com/2013/03/gempa-jepang-terdengar-hingga-angkasa.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Gempa Jepang Terdengar Hingga Angkasa

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Gempa Jepang Terdengar Hingga Angkasa

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger