Dana Crowdfounding Internet Capai Rp 26 Triliun

Written By Unknown on Kamis, 11 April 2013 | 10.44

TEMPO.CO, London--Penjaringan dana publik dalam proyek kreatif melalui website (crowfunding) pada 2012 mencapai US $ 2,7 miliar atau sekitar Rp 26 triliun. Angka ini naik 81 persen dibanding setahun sebelumnya.

Selama ini, usaha rintisan (startup) kreatif sulit menjaring investor atau dana ke bank karena aturan modal dan pengawasan perbankan. Crowdfounding lahir di Amerika dan berkembang pesat di Paman Sam sebagai model pembiayaan alternatif. Salah satu web crowdfounding terbesar di Paman Sam adalah kickstarter.

Model pembiayaan crowdfounding meledak setelah Presiden Obama menandatangani Jumpstart our Business Startups (JOBS). Aturan ini melegalkan model pembiayaan crowfounding. Banyak website crowfoundng yang menawarkan publi untuk ikut menanamkan modal dalam skala kecil, mulai dari US $ 15.

Di Inggris, crowdfounding juga berkembang. Menurut data Bank of England, prosentasenya memang tak banyak dibanding dengan pinjaman untuk seluruh sektor UKM selama sembilan bulan pada 2012 mencapai Rp 412 triliun.

Menurut penelitian Massolution,lembaga konsultan dan penelitian yang mengkhususkan dalam bidang rowdfounding, tahun ini diperkirakan bisa menyalurkan dana hingga US 5,1 miliar atau Rp 48,5 triliun.Wilayah paling besar yang akan menyumbang pertumbuhan adalah Amerika Utara. Tahun lalu, web crowdfounding di wilayah ini bisa menyalurkan US 1,6 miliar. Salah satu yang proyek yang ramai dibicarakan adalah proyek pembuatan jam pintar oleh Pebble Technology. Melalui web crowdfounding Kickstarter, proyek ini bisa meraup US $ 10 juta, 100 kali lipat dari rencana pembiayaan.

Tak hanya produksi barang hardware atau software, proyek amal juga ada yang meraup dana dari web crowdfounding. Tahun lalu, total dana sosial yang diraup melalui crowdfounding mencapai US $ 1,4 miliar. Sisanya untuk proyek proyek komersial. Namun model pembiayaan crowdfounding ini masih baru. Jadi belum ada data detail soal berapa investasi return dari dana yang ditanamkan.

Di Indonesia, salah satu crwdfounding adalah wujudkan(dot)com. Selain proyek kreatif dan komersial, proyek sosial juga menyaring dana dari layanan pembiayaan ini.

REUTERS | NUR ROCHMI

Topik Terhangat:
Serangan Penjara Sleman || Harta Djoko Susilo || Nasib Anas

Baca juga:
Jejak Margaret Thatcher di Indonesia
Artikel tentang Thatcher Dibanjiri Hujatan
Kutipan Fenomenal Margaret Thatcher
Diingatkan Korut, Kedutaan Asing di Pyongyang Cuek


Anda sedang membaca artikel tentang

Dana Crowdfounding Internet Capai Rp 26 Triliun

Dengan url

http://teknologiseo.blogspot.com/2013/04/dana-crowdfounding-internet-capai-rp-26.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Dana Crowdfounding Internet Capai Rp 26 Triliun

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Dana Crowdfounding Internet Capai Rp 26 Triliun

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger