Habitat Rusak Picu Gorila Lahirkan Anak Albino

Written By Unknown on Kamis, 20 Juni 2013 | 10.44

Seekor gorilla gunung dari keluarga Bitukura di tengah hutan di Taman Nasiona Bwindi Impenetrable, Uganda, (24/5). Gorilla-gorilla di taman nasional ini menjadi salah satu tujuan wisata turis-turis yang senang bertualang. REUTERS/Thomas Mukoya

TEMPO.CO, Barcelona – Perkawinan sedarah yang terjadi pada gorila albino diduga disebabkan semakin berkurangnya habitat mereka. Seharusnya, gorila mengawini gorila dari kelompok lain. Namun, karena rusaknya habitat, jumlah kelompok gorila pun berkurang. Jadi, gorila justru akan mengawini sesama anggota kelompoknya.

Temuan ini terungkap setelah dilakukannya penyelidikan terhadap Snowflake, gorila albino penghuni Kebun Binatang Barcelona, Spanyol. Berbeda dengan gorila pada umumnya yang berwarna hitam atau abu-abu, Snowflake justru berwarna putih.

"Beberapa penelitian telah berusaha menyelidiki hingga akarnya mengenai sebab warna rambut dan kulit yang unik pada Snowflake, tapi mutasi genetik yang tepat tidak pernah ditemukan," tulis Discovery News, Senin, 17 Juni 2013. Sekarang, para peneliti Spanyol telah mengurutkan seluruh genom gorila dan ini mengungkapkan bahwa Snowflake mungkin adalah keturunan pasangan antara paman dan keponakan.

Perkawinan sedarah tak lazim bagi gorila. Biasanya mereka akan mengawini gorila dari kelompok lain. Namun, rusaknya habitat karena ulah manusia yang terus menerus menyabotase habitat mereka membuat gorila (mau tak mau) mengawini saudara sedarahnya sendiri. Hingga akhirnya, keturunan dari perkawinan sedarah akan terlahir albino.

Pada manusia, empat mutasi genetik diketahui dapat menyebabkan albinisme, yakni sebuah sindrom yang ditandai oleh kurangnya pigmen pada kulit, mata, dan rambut. Karena minimnya pigmen ini, orang albino memiliki risiko tinggi gangguan penglihatan dan kanker kulit. Kanker kulitlah yang akhirnya merenggut nyawa Snowflake pada tahun 2003 lalu.

"Jika kita terus menerus mengurangi ruang yang mereka miliki sekarang, semakin besar kemungkinan mereka untuk terjebak dalam perkawinan sedarah ini," ujar Marques-Bonet, salah satu anggota tim penelitian ini.

DISCOVERY | ANINGTIAS JATMIKA

Terhangat:
EDSUS HUT Jakarta | Kenaikan Harga BBM | Rusuh KJRI Jeddah

Baca juga:
Sidang Perdana Kasus Cebongan Kamis Ini
Kalapas Cebongan: Pasti Ada Tekanan Psikis Berat
Kasus Cebongan, LPSK Gandeng 16 Psikolog
Kasus Cebongan, LPSK Umuman Kondisi Saksi



Anda sedang membaca artikel tentang

Habitat Rusak Picu Gorila Lahirkan Anak Albino

Dengan url

http://teknologiseo.blogspot.com/2013/06/habitat-rusak-picu-gorila-lahirkan-anak.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Habitat Rusak Picu Gorila Lahirkan Anak Albino

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Habitat Rusak Picu Gorila Lahirkan Anak Albino

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger