Operator Rusia Menolak Jual iPhone

Written By Unknown on Sabtu, 20 Juli 2013 | 11.07

TEMPO.CO , Jakarta:Tiga operator seluler utama Rusia menghentikan penjualan ponsel cerdas iPhone. Ketiga operator itu adalah MTS, Megafon, dan VimpelCom. Penghentian penjualan ini bisa menjadi pertanda adanya perubahan arus produk Apple di Eropa. Ketiga operator itu mengendalikan lebih dari separuh pasar ponsel di Rusia.

Mereka juga telah mengakhiri kontrak dengan Apple. Alasannya ponsel cerdas Apple dinilai tidak memberikan keuntungan bagi perusahaan. Ketiga operator itu tidak memberikan detil pemutusan kontrak dengan raksasa gadget Amerika itu.

Analis memprediksi, pemutusan dilatarbelakangi kerugian perusahaan yang signifikan selama tiga tahun belakangan. Total penjualan iPhone di negara tersebut mencapai 1,5 juta unit. Namun selama periode itu, kontribusi bagi biaya pemasarannya meningkat.

Akibat kerugian operator, Rusia melarang subsidi bagi konsumen. Hal itu semakin meningkatkan harga iPhone bagi konsumen Rusia. Sumber dari VimpelCom mengatakan, perusahaan mengakhiri negosiasi dengan iPhone bulan ini setelah Apple menolak memperbarui periode kontrak.

Adapun MTS mengatakan, perihal diskusi bersama Apple mengenai berakhirnya kontrak pada bulan Juni. Sejauh ini Apple belum menuntut denda MTS atas kegagalannya mencapai target penjualan.

Meski terjadi pemutusan kontrak dengan penyedia jasa seluler, iPhone tetap dapat dijual di Rusia melalui ritel ponsel. Namun kerugian operator Rusia kini juga terbentur oleh ketatnya peraturan Uni Eropa.

Lembaga pengawas di Eropa kini menginvestigasi kemungkinan pelanggaran oleh Apple terhadap berbagai keluhan dari perusahaan telekomunikasi. Secara terpisah, lembaga pengawas persaingan usaha Perancis telah merazia distributor untuk mencegah praktik penjualan illegal.

Keluhan terhadap Apple mengingatkan kembali pada 2007 ketika awal peluncuran iPhone. Semula hal ini terkait kebijakan pembagian hak eksklusif pendistribusian ponsel dalam jangka waktu tertentu. Menyusul pesatnya popularitas pertumbuhan perangkat tersebut sepanjang lima tahun terakhir, operator mengeluhkan kuatnya posisi Apple di tengah industri. Kampanye iklan dan pemasaran seringkali dibiayai oleh operator, bertolak belakang dari umumnya produsen yang menutup biaya iklan dari penjualan produk.

Operator mengeluhkan kontrak atas subsidi dan volume penjualan, yang dianggap merugikan ketimbang kontrak dengan produsen lain. Apple hingga kini menolak berkomentar perihal pemutusan kontrak oleh operator. Perusahaan yang berbasis di California ini market share-nya mencapai 5 persen di pasar ponsel Rusia. Namun setengah dari total pasar iPhone di negara itu berasal dari pasar gelap.

FT.COM  | SATWIKA MOVEMENTI


Anda sedang membaca artikel tentang

Operator Rusia Menolak Jual iPhone

Dengan url

http://teknologiseo.blogspot.com/2013/07/operator-rusia-menolak-jual-iphone.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Operator Rusia Menolak Jual iPhone

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Operator Rusia Menolak Jual iPhone

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger