Ilmuwan Jepang Bangun Bank Sperma Hewan Langka

Written By Unknown on Kamis, 29 Agustus 2013 | 10.44

TEMPO.CO, Tokyo--Ilmuwan Jepang telah meluncurkan sebuah bank sperma khusus hewan langka yang terancam punah. Ketua tim peneliti profesor Takehito Kaneko mengatakan, dengan menggunakan teknologi pembekuan diharapkan suatu hari bisa membantu umat manusia menciptakan populasi hewan di planet lain.

Tim dari Kyoto University's Institute of Laboratory Animals Graduate School of Medicine, Jepang berhasil mengawetkan sperma yang berasal dari dua primata terancam punah dan seekor jerapah. Para ilmuwan mencampur sperma hewan-hewan itu dengan cairan khusus, dikeringkan dan dibekukan dengan cara yang memungkinkan mereka dapat disimpan dalam suhu hanya 4 derajat celcius.

Suhu tempat penyimpanan sperma itu lebih tinggi daripada tempat penyimpanan konvensional, namun energi yang dibutuhkan lebih sedikit.

Sebelumnya, Kaneko dan rekan-rekannya telah berhasil mmembekukan sel sperma dari hewan pengerat dan tikus tanpa penggunaan peralatan nitrogen cair yang besar, dan mampu membuktikan tingkat kelangsungan hidup spermatozoa hingga lima tahun kemudian.

"Dengan cara ini, di masa mendatang para ilmuwan dapat memperoleh informasi genetik dengan lebih mudah, yang berarti kita bisa membantu melestarikan spesies hewan terancam punah," kata Kaneko seperti dikutip dari laman Phys.org, Rabu 28 Agustus 2013.

"Hal ini mungkin terdengar seperti mimpi, tapi di masa depan kita bisa mengambil informasi genetik ke ruang angkasa," katanya. Hal ini juga memungkinkan untuk mentransfer material demi membangun populasi hewan di masa depan.

Dalam waktu dekat, teknologi juga memungkinkan untuk menyimpan sperma pada suhu ruangan untuk jangka pendek, yang berarti akan lebih akan jika terjadi gangguan listrik yang misalnya disebabkan oleh bencana alam.

Tantangannya saat ini, lanjut Kaneko, adalah bagaimana mengembangkan penerapan metode untuk kesamaan hasil yang lain. "Sekarang kita masih harus menggunakan cara-cara pembekuan konvensional yang telah kita pelajari dengan baik," ujarnya.

PHYSORG | ROSALINA

BeritaTerhangat:
Bom Vihara Ekayana | Mudik Lebaran | Ahok vs Lulung | Capres 2014

Berita Lain:
Film 'Cinta Mati' Hanya Ada Vino dan Astrid Tiar
Pendemo Mulai Datangi Kantor Lurah Susan
Apple Siri 'Berani' Ejek Google Glass
Maribeth Pemilih Mencari Jodoh


Anda sedang membaca artikel tentang

Ilmuwan Jepang Bangun Bank Sperma Hewan Langka

Dengan url

http://teknologiseo.blogspot.com/2013/08/ilmuwan-jepang-bangun-bank-sperma-hewan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ilmuwan Jepang Bangun Bank Sperma Hewan Langka

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ilmuwan Jepang Bangun Bank Sperma Hewan Langka

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger