Ini Sebab Suara-Suara 'Misterius' dalam Pesawat  

Written By Unknown on Selasa, 03 September 2013 | 10.45

TEMPO.CO, Canberra - Pernahkah Anda ketakutan oleh suara aneh di pesawat, seperti salakan anjing atau teriakan seseorang? Patrick Smith, mantan pilot dan pengelola situs askthepilot.com menjelaskan apa yang mungkin Anda dengar dalam buku terbarunya, Cockpit Confidential.

"Sering terdengar sangat keras dan berulang suara mendesing yang berasal dari lantai pesawat, terutama jenis Airbus. Kadang-kadang seperti suara merengek bernada tinggi, kali lain seperti suara anjing yang sangat gelisah," katanya, mencontohkan suara yang kerap terdengar.

Hampir setiap frequent flyer pernah mendengar suara-suara itu, kata dia. Awak kabin jarang yang berusaha untuk menjelaskannya, membiarkan penumpang dalam kebingungan dan kadang-kadang khawatir. Bahkan, karena suara ini mirip dengan motor yang gagal di-starter, sering ada asumsi bahwa ada sesuatu yang rusak dalam mesin pesawat.

Tapi jangan takut, kata Smith, apa yang Anda dengar sebenarnya adalah sebuah perangkat yang disebut unit transfer daya (power transfer unit/PTU), yang dirancang untuk memastikan tekanan hidrolik pada pesawat. Untuk menghemat bahan bakar, beberapa bagian mesin dihidup-matikan selama operasi penerbangan.

Setiap mesin biasanya memiliki sistem hidrolik sendiri. Dengan motor tidak berjalan, maka di sinilah PTU berperan, yaitu membantu mengatur lalu lintas suplai energi secara bergantian, dari mesin kanan ke mesin kiri.

Karena diaktifkan hanya bila tekanan turun di bawah tingkat tertentu, PTU akan nyala dan mati dengan sendirinya, dan mengeluarkan bunyi yang lumayan keras. Karena fluktuasi tekanan, maka menimbulkan suara-suara tertentu.

Beberapa pesawat Boeing juga mengandalkan PTU, tapi operasinya sedikit berbeda dan tidak menyalak seperti anjing.

Kebisingan lainnya yang dimiliki oleh model Airbus adalah suara melengking, merengek berkepanjangan, atau terdengar seperti pintu gerbang diseret. Tapi bila pesawat sudah mendarat dan suara itu masih terdengar, jangan kaget juga, itu benar-benar suara pompa hidrolik listrik yang digunakan untuk membuka dan menutup pintu pesawat atau mengoperasikan gerbarata untuk naik dan turun penumpang!

NEWS.COM.AU | TRIP B


Anda sedang membaca artikel tentang

Ini Sebab Suara-Suara 'Misterius' dalam Pesawat  

Dengan url

http://teknologiseo.blogspot.com/2013/09/ini-sebab-suara-suara-misterius-dalam.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ini Sebab Suara-Suara 'Misterius' dalam Pesawat  

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ini Sebab Suara-Suara 'Misterius' dalam Pesawat  

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger