Phoneblok: Rakit Sendiri Ponsel Sesuai Kebutuhan  

Written By Unknown on Rabu, 25 September 2013 | 10.44

TEMPO.CO, Jakarta - Ponsel memang diciptakan untuk memberikan kemudahan bagi penggunanya. Akan tetapi, masih banyak pengguna yang tidak menggunakan ponselnya secara maksimal. Ponsel yang tersedia di pasaran baru-baru ini kadang masih memiliki "kelemahan" di mata penggunanya.

Namun, bagaimana jika Anda bisa merakit sendiri kegunaan ponsel untuk berbagai aktivitas? Akankah pengguna bakal lebih puas? Ide inilah yang sedang dikerjakan oleh seorang pekerja desain elektronik asal Belanda, Dave Hakkens. Dia menciptakan Phoneblok. Proyek yang masih prototype ini nantinya akan membuat ponsel bisa dibongkar pasang seperti mainan lego.

"Setiap tahun, ada jutaan ponsel yang 'dibuang' oleh penggunanya karena rusak atau sudah usang. Dalam kasus ini, sebenarnya hanya perlu diperbaiki agar kerjanya lebih baik. Memilih komponen yang terpisah memungkinkan Anda untuk mengatur personalisasi ponsel sesuai kebutuhan, " kata Dave, Selasa, 17 September 2013.

Phoneblok terbuat dari komponen terpisah yang dapat dipasang secara bersama-sama. Setiap komponen memiliki fungsi tersendiri, termasuk Bluetooth, jaringan WiFi, kamera, layar baru, dan kapasitas penyimpanan. Ketika salah satu komponen "diistirahatkan" atau di-upgrade, Anda bisa menggantinya dengan yang lain.

Komponen-komponen itu diberi nama blok. Masing-masing blok bisa melekat pada dasar ponsel bagian belakang yang berlubang. Lubang-lubang di belakang ponsel berisi koneksi listrik yang tersambung dengan sistem ponsel.

Pengguna bisa memilih sendiri blok mana yang ingin lebih diutamakan kegunaannya. Misalnya, Anda ingin kegunaan kamera lebih besar, hanya tinggal mencopot blok yang tak perlu kemudian pasang blok kamera. Susunannya juga bisa diubah seuai ukuran blok dan lahan ponsel. Lubang-lubang pada bagian belakang ponsel akan menyambungkan nirkabel komponen tersebut dengan sistem dalam ponsel.

Dave mengakui bahwa Phoneblok ini mungkin tidak mengurangi masalah limbah elektronik secara signifikan. Akan tetapi, ia menganggap idenya ini akan lebih menghemat biaya produksi dan lebih ramah lingkungan.

Sampai saat ini, Phoneblok belum bisa dibeli. Dave berencana akan menunggu sampai calon pengguna benar-benar banyak. Dave juga sedang menantikan mitra perangkat keras untuk produksi ponsel inovatif ini.


RINDU P HESTYA | DAILY MAIL

Berita Populer Terkait:
Ini Sejarah Penting BlackBerry
9 Juta iPhone Ludes dalam 3 Hari
Tikus Berduri, Spesies Tikus Baru Indonesia 
Uji Jaringan 4G di Bali, XL Gandeng Huawei
Begini Lalu Lintas Udara pada 2032


Anda sedang membaca artikel tentang

Phoneblok: Rakit Sendiri Ponsel Sesuai Kebutuhan  

Dengan url

http://teknologiseo.blogspot.com/2013/09/phoneblok-rakit-sendiri-ponsel-sesuai.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Phoneblok: Rakit Sendiri Ponsel Sesuai Kebutuhan  

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Phoneblok: Rakit Sendiri Ponsel Sesuai Kebutuhan  

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger