Macan Tutul Sukabumi Masih Stres

Written By Unknown on Jumat, 18 Oktober 2013 | 10.44

TEMPO.CO , Bandung:Macan tutul jawa (Panthera pardus melas) jantan asal Sukabumi yang dititipkan di kandang karantina Taman Safari Indonesia (TSI) Cisarua, Bogor, kini masih tertekan. Satwa liar itu sebelumnya masuk dalam kandang perangkap, Ahad lalu, setelah dicurigai warga sebagai pemangsa seekor anjing peliharaan.

Dokter karantina TSI Bogor Retno Sudarwati mengatakan, macan tutul jantan yang sementara dinamai Jampang itu masih beradaptasi di dalam kandang karantina. Dari pengamatan sementara, macan dewasa yang diperkirakan berusia 9 tahun itu dalam kondisi sehat walau masih stres. "Kondisi organ dalamnya kita belum tahu. General check-up menunggu sampai dia merasa tenang," ujar Retno yang dihubungi Kamis, 17 Oktober 2013.

Diperkirakan, pemeriksaan macan itu 7-10 hari lagi dengan cara dibius. Dokter akan mengambil sampel darah, pengukuran badan, berat, serta giginya. Dari pengamatan sepintas, gigi macan itu telah menguning dan taringnya masih runcing. Hasil pemeriksaan nantinya akan menentukan, apakah macan bisa dikembalikan di lepas ke alam liar atau harus hidup dalam kandang peliharaan.Menurut Retno, jika gigi macan masih runcing, ada potensi bisa dikembalikan lagi ke alam untuk berburu makanannya sendiri.

Sebelumnya diberitakan, warga bersama tim Forum Konservasi Satwa Liar Indonesia (FOKSI) dan TSI Cisarua Bogor, berhasil menangkap hidup-hidup seekor macan tutul di Kampung Ciangsana, Desa Girimukti, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Ahad, 13 Oktober 2013. Biasanya jika ada macan tutul yang terperangkap dalam kandang bambu buatan warga, kucing besar yang dilindungi itu dibunuh mati.

ANWAR SISWADI
Berita Terpopuler:
Ani Yudhoyono Marah di Instagram, Pakai Kata Bodoh 
Gatot Diduga Membunuh Holly karena Alasan Ini 
Detik-detik Pembunuhan Holly Angela Versi Polisi
Setahun Gubernur: Ini Kisah-kisah Lucu Jokowi
Gatot Supiartono, Karier Moncer Berakhir Tragis?


Anda sedang membaca artikel tentang

Macan Tutul Sukabumi Masih Stres

Dengan url

http://teknologiseo.blogspot.com/2013/10/macan-tutul-sukabumi-masih-stres.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Macan Tutul Sukabumi Masih Stres

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Macan Tutul Sukabumi Masih Stres

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger